Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

5 Tips Membeli Rumah

1. Memilih lokasi

Sebelum membeli rumah, lokasi adalah faktor penting yang wajib diperhatikan. Lokasi sangat penting karena kemudahan akses pada sebuah lokasi dapat menentukan harga jual sebuah rumah. Selain itu, lokasi juga berkaitan erat dengan akses transportasi, akses jalan raya, ketersediaan fasilitas umum, hingga potensi terjadinya banjir. Beberapa poin ini penting untuk diperhatikan mengingat begitu banyak rumah untuk dijual yang memberikan harga murah namun tidak memberikan kemudahan akses hingga potensi banjir yang tinggi.

2. Menentukan harga



Harga merupakan salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan. Sebelum memutuskan membeli rumah, pastikan menyusun rencana yang matang terlebih dahulu. Selain range harga rumah yang akan dibeli, rencanakan keuangan Anda setelah pembelian rumah. Hal ini perlu dipikirkan mengingat begitu banyaknya rumah untuk dijual yang memberikan harga bervariasi, tergantung pada ketersediaan fasilitas dan kemudahan akses.

Dengan menentukan range harga, pembeli akan terhindar dari penawaran rumah dengan harga yang terlalu mahal sehingga dana pembelian rumah dapat dialokasikan untuk hal-hal lainya.

3. Melihat track record developer


Sebelum membeli rumah baru, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu seluk-beluk instansi yang bertanggung jawab atas pembangunan tersebut. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari kualitas material bahan bangunan rumah yang kurang baik.

Kualitas bahan bangunan yang kurang baik akan membuat pengeluaran Anda semakin membengkak karena harus beberapa kali melakukan renovasi. Cobalah untuk mencari testimoni dari para pelanggan, baik dari internet maupun di lokasi kawasan perumahan tersebut.

4. Meneliti kelengkapan fasilitas


Kelengkapan fasilitas juga wajib diperhatikan ketika membeli sebuah rumah. Bagaimanapun, hunian yang nyaman adalah hunian yang memiliki fasilitas yang lengkap dengan akses yang memadai. Untuk itu, carilah rumah untuk dijual yang memiliki fasilitas lengkap dan akses mudah. Perhatikan juga fasilitas-fasilitas lain seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, pasar, atau kantor-kantor pemerintahan.


5. Memastikan kapan Serah Terima Unit


Setelah ditentukan semuanya, jangan terburu-buru untuk membayar penuh. Pastikan terlebih dahulu kapan rumah itu dapat ditempati. Tanyakan juga apa konsekuensi yang akan diterima oleh developer jika terjadi keterlambatan dalam proses serah terima unit.


Itulah 5 tips membeli rumah idaman yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan membeli rumah. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli rumah untuk menghindari penyesalan di masa depan. Semoga bermanfaat!
Share: