Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Bangunan Terbaik Belanda

Negara yang memiliki sejarah panjang bersama Indonesia ini memiliki banyak bangunan, beberapa merupakan yang terbaik di dunia.

perancang berkebangsaan belanda juga tidak kalah banyak dan baiknya, mulai dari erick van egeraat hingga rem koolhaas. eropa memang dapat dikatakan gudangnya bangunan bersejarah, namun kini tidak hanya bangunan bersejarah yang menarik adapula bangunan modern dengan bentuk yang unik dan implementasi material yang belum pernah diterapkan sebelumnya. bangunan apa saja itu ini dia ke-7 bangunan terbaik di belanda versi mas ono.

1. University Library, Utrecht (Wiel Arets)



Bangunan ini memiliki luas lahan 3,625 hektar ini menelan biaya 45 juta euro untuk pembangunanya, terlihat sekali kepedulianya terhadap mahasiswanya, sehingga membangun perpustakaan dengan megah dan mewah yang dapat menampung puluhan ribu buku.

2. Popstage Breda (Erick Van Egart)



Bangunan ini merupakan sebuah gedung konser dengan luas lahan 1600 sqm ini menelan biaya 35 juta euro dan memiliki desain yang sangat baik dan berkarakter, bangunan tanpa jendela ini juga merupakan bangunan terbaik diabad 21, dengan bentuk asimetris, dibalut dengan material tembaga unpatinated menjadikan gedung ini salah satu ikon di Belanda.

3. Water Villa (Herman Hertzberger)

Bangunan yang terletak di tengah-tengah air ini seakan mengapung dan tentu saja memiliki struktur yang unik dengan kerangka baja dan dinding aluminium yang menjadikan bangunan ini menarik, bangunan ini memiliki luas 160 sqm dan menghabiskan dana 42000 euro dalam pembangunanya.

4. Lloyd Hotel (MVRDV)


 

Bangunan Ini mencerminkan perpaduan antara sejarah dengan perkembangan teknik dalam bangunan dapat sejalan bisa dilihat dari tampilan eksterior yang mencerminkan model classic eropa dengan  Victorian stylenya dan interior yang dapat dikatakan modern. 

5. Xfinxen Housing (neutelings riedjik)



Menurutku ini merupakan hunian terkeren yang pernah ada, anda dapat menikmati indahnya aliran sungai Gooimer dan ini merupakan perumahan dengan jumlah 152 tentu sangat menarik memiliki property seperti ini, walaupun di Bali juga sebetulnya ada juga yang memiliki view-view menarik, namun ini memiliki kespesialan karena sangat banyak hunianya dan memiliki jarak yang tidak saling berdekatan. biaya untuk membanguna keindahan seperti ini adalah 11 juta euro.

6.  Blok 6 (Rem Koolhas-OMA)


Bangunan ini merupakan bangunan yang berorientasi untuk entertainment dan sekaligus sebagai pusat perbelanjaan, tepat depan kawasan ini adalah sebuah apartement yang terintegrasi dengan bangunan ini. bangunan dengan luas 1,9 hektar ini membutuhkan dana pembangunan sebesar 22.6 juta euro.

7. Acoustic Barrier (ONL)



Jelas desain yang ditonjolkan tidaklah standar, Prinsip The Adagium berlaku disini yakni "satu bangunan, satu detail" terjadi pengulangan bentuk struktur baja yang terjadi namun terjadi secara halus sehingga bentuk memanjang ini seaolah-olah berbentuk seperti aliran angin atau mengikuti prinsip aerodinamis. Bangunan dengan panjang 1,5 Km dan luas total 1,8 hektar ini menelan dana pembuatan sebesar 11,4 juta euro.

 

Share: