Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Bangunan terbaik di Jepang

Arsitektur terbaik jepang, setelah sebelumnya memposting mengenai 7 bangunan terbaik di Belanda,   
kali ini negara yang akan diulas adalah Jepang, bangunan tradisional jepang memiliki 4 estetika taoisme yakni antara lain :  kesederhanaan, kepolosan, kelurusan dan ketenangan batin.

adapun beberapa material alami yang biasa digunakan oleh hunian jepang antara lain layar shoji, model tatami dan dominan kayu pada seluruh huniannya, seiring perkembangan zaman, jepang dapat dikatakan sebagai salah satu kiblat bangunan kontemporer modern, dengan modal "less is more" bangunan jepang kini memiliki karakter yang serupa namun tentu berbeda dengan zaman dinasti dahulu. bangunan apa saja yang dianggap menarik untuk ditelisik lebih jauh, berikut ulasanya.

1. 4 x 4 house (Tadao ando)


bangunan yang berbentuk seperti mercusuar ini terbuat dari beton & kayu menghadap ke keindahan laut. di site ini terdapat 2 bangunan yang berbeda material, bangunan pertama menggunakan beton dan bangunan kedua menggunakan kayu, ini dilakukan atas permintaan pemilik hunianya, untuk aksesibilitas vertikalnya pun berbeda, ada yang menggunakan lift ada yang menggunakan tangga. bangunan ini terletak di lepas pantai hyogo. luas area untuk 117 sqm, dan biaya pembuatanya 427k us dollar.

2. Louis Vuitton roppongi hills (Jun Aoki)

 



bangunan ini merupakan toko sebuah brand ternama berasal dari paris, perancis yang didirikan pada tahun 1854 dan pendirinya adalah Louis Vuitton. bangunan ini sendiri selesai dibangun pada tahun 2003. detail desain yang terdapat di bangunan ini adalah dengan memasang reflective stainless dengan diameter 10 cm. dibagian luar terdapat lebih dari 28000 kaca transparan berdiameter 10 cm terjejer rapih.bangunan ini memiliki luas lahan 1142 sqm dan untuk biayanya sendiri saya belum menemukannya, apabila ada yang tahu mohon untuk input di comment.

3. Shutter House for a photographer (shigeru ban)


bangunan ini merupakan hunian tempat tinggal yang juga merupakan studio photografi kalo di negara kita biasa di sembut rukan (rumah dan sekaligus kantor), pembuatan hunian ini menggunakan sistem layout tartan grid, sehingga cenderung statis dan berbentuk seperti kotak-kotak, model seperti ini menciptakan sequence yang baik, baik untuk interior dan juga eksteriornya. Bangunan ini memiliki luas lahan 465 sqm, dan untuk biayan pembangunanya tidak di publish.

4. Springtecture o-rush tenpaku (shuhei endo)


material baja hampir terdapat di seluruh bagian bangunan kecuali untuk bagian masuknya cahaya, bangunan ini merupakan salah satu karya shuhei endo yang sangat terkenal, karena untuk membangun bangunan ini mengaplikasikan model yang modern tidak hanya dari segi fasade, namun juga implementasi materialya. bangunan ini memiliki luas lahan 238 sqm dan menelan biaya sebesar 850.000 us dollar.

5. Natural Wedge (Masaki Endoh & Masahiro ikeda)


bangunan ini merupakan sebuah rumah tinggal dengan struktur besi yang dirangkai dengan cara memotongnya menggunakan laser. 

hunian ini dibanguna berdasarkan karakter introvet yang dimiliki penghuninya, jika diperhatikan sekilas memang bangunan ini tampak sangat tertutup dari luar. bangunan ini mengambil ide geometri dari alam berupa ellipse shape yang memiliki luas bangunan 84 sqm dan untuk biaya pembuatanya belum di publish.

6. Yamaguchi Centre for art and media (Arata Izozaki)




bangunan yang umumnya dikenal dengan YCAM ini  terletak di pusat seni Yamaguchi center, diamana dikawasan ini merupakan tempat perpaduan antara teknologi media dan seni. bangunan ini dapat disebut sebagai workshop, tempat kurator mencurahkan menghabiskan waktunya sekaligus sebagai pusat penelitian. bangunan seluas 1,4 hektar ini membutuhkan dana 64.7 juta us dollar untuk pembangunanya.

7. Tods Omotesando Building (Toyo Ito)


bangunan yang didominasi oleh beton dan kaca ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang diklaim sebagai salah satu pusat berbelanjaan terbaik di Jepang, bangunan ini memiliki 270 bukaan, dan 70 bukaanya menggunakan kombinasi beton dan alumunium.

refleksi warna pada siang hari menyebabkan kaca yang terdapat di bangunan ini berwarna hijau, perlu diketahui bahwa pada bangunan ini kaca yang digunakan adalah frameless yang artinya memaksimalkan bukaan secara penuh dan juga efisien dan ini diterapkan di seluruh bukaan kaca yang terdapat disini.

Share: