Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 bangunan terbaik Turki

Turki merupakan sebuah negara yang sangat bersejarah, peradaban yang tinggi, bersanding dengan persia, romawi dan mesir, beberapa bangunan negara ini memiliki sejarah panjang dan dapat dikatakan merupakan sebuah situs terbaik untuk sebuah bangunan. kamu harus datang ke tempat ini jika berkunjung ke Turki. dan 7 bangunan yang bersejarah tersebut antara lain :

1. Hagia Sophia (Aya Sofia)


Hagia Sophia ini dulunya sebuah gereja orthodox. namun setelah Istanbul jatuh di bawah pengusaan kaisar Ottoman, gereja orthodox di ubahnya menjadi sebuah masjid. Jadi, kamu jangan heran kalau ketika datang berkunjung ke sini, kamu dapat menjumpai 2 gaya bangunan yakni gaya bangunan gereja dan masjid. akan tetapi, setelah Istanbul membangun masjid biru atau Blue Mosque, Hagia Sophia yang terletak didekat masjid ini di ubah menjadi sebuah museum. Kini Hagia Sophia bukan lagi sebuah masjid atau gereja, akan tetapi  bangunan museum yang menyimpan banyak sejarah Turki. 


2. Masjid Biru (Sultan Ahmed Camili)


Masjid ini dibangun tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, kemudian menjadi nama masjid tersebut. Setelah meninggal, Ia dimakamkan di halaman masjid. 


Masjid ini ada di kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum 1453 merupakan pengusaan Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Bizantium. Berada tidak jauh dari situs kuno Hippodrome, dan juga berdekatan dengan apa Hagia Sophia yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.

Jaraknya tidak jauh dengan Istana Topkapı, tempat kediaman para Sultan Utsmaniyah sampai tahun 1853 dan juga tidak jauh dari pantai Bosporus. Jika Dilihat dari laut maka kubah dan menaranya mendominasi cakrawala kota Istanbul.

Mengapa Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru ? karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru.


Arsitek Masjid Sultan Ahmed, Sedefhar Mehmet Aga, diberi kepercayaan untuk tidak perlu menghemat biaya dalam pembangunan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini. Struktur dasar bangunan ini nyaris berbentuk kubus, berukuran 53 kali 51 meter.

3. Baslica Cistern


Basilica Cistern Meupakan tempat penampungan air bersih yang dibangun oleh Kaisar Justinian I sang penguasa Kekaisaran Byzantium. Kota Constantinople (nama lama Istanbul) walaupun terletak strategis namun memiliki masalah dalam penyediaan air bersih. 

Kaisar-kaisar Byzantium banyak membangun Aquaduct (saluran air) dan Cistern ( penampungan air) di bawah kota Constantinople untuk menyediakan air yang cukup untuk kelangsungan hidup warganya. Salah satunya merupakan Basilica Cistern ini.


Dibangun dengan menggunakan tenaga 7000 budak pada abad ke 6 !. Penampungan air yang luasnya 9800 meter per segi ini disokong dengan 338 tiang yang keseluruhanya terbuat dari marmer. Beberapa bagian dari tiang tersebut ternyata berasal dari sisa bangunan Romawi yang sudah tak terpakai lagi, seperti kepala Medusa. 



4. Masjid Suleymaniye



Sebuah masjid peninggalan Ottoman di kota Edirne, Turki. Masjid ini dibangun atas ijiz Sultan Selim II dan dibangun oleh arsitek Mimar Sinan tahun 1568 sampai 1574. Hal ini dianggap oleh Sinan untuk menjadi karya dan merupakan sebuah prestasi tertinggi dari arsitektur Islam Disana.





5. Galata Tower


 
Menara Galata (Galata Kulesi dalam Turki) merupakan sebuah menara batu abad pertengahan di distrik Galata Istanbul, Turki. Menara ini berada dibagian utara Tanduk Emas. Menara Galata juga merupakan Salah satu Ikon kota yang terkenal, tinggi kerucut silinder tertutup yang mendominasi langit dan affords vista panorama kota Istanbul Lama dan sekitarnya. Tinggi menaranya adalah 66 meter dengan diameter 16 meter !

Tower Ini sangat menonjol jika dilihat dari segala sudut sisi kota, menjadikan ikon mudah ditemukan tentu saja.
 

6. Chinli Kiosk


Sekitar tahun 1953, bangunan ini digunakan sebagai museum seni Islam dan Turki. Dengan nama Museum of Islamic Art, tempat bersejarah ini dibuka untuk umum setiap harinya pada pukul 09.00 
sampai pukul 17.00. di tempat ini banyak sekali kesenian yang di perlihatkan, rugi kalau tidak mampir.


7. Topkapi Palace


"Topkapi" dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).


Pembangunan istana ini dimulai  tahun 1459 yang perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil di sekelilingya. Pada bagian atasnya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang. Bukan hanya sebagai tempat tinggal kerajaan, istana ini digunakan juga untuk acara-acara kenegaraan. Menjadi daya tarik wisata dan merupakan peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW berada di sini.


Setelah Tumbangnya kerajaan Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasar dekret pemerintah pada 3 April 1924. Istana ini juga merupakan bagian dari "Wilayah Bersejarah Istanbul", dan masuk Situs Warisan Dunia UNESCO.
Share: