Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Bangunan unik Indonesia yang wajib kamu tahu

7 bangunan yang wajib kamu tahu merupakan kumpulan bangunan unik yang ada di Indonesia, kehadiranya dapat dikatakan sebagai penyegar keberadaaan bangunan-bangunan yang ada disekitarnya, mengakapa dikatakan unik, tentu karena bangunan ini lain dari bangunan yang lain, memiliki sisi gelap yang tidak terungkap, dan memiliki daya tarik magis sebagai sebuah bangunan.

tanpa mahu berlama-lama berikut adalah bengunan terunik di Indonesia.
1. Rumah Domes

Rumah Teletubies!
ingat dengan film teletubies dahulu, mungkin perancang dari rumah ini merupakan fans berat dari teletubies sehingga untuk mengenangya ia membuat sebuah kawasan khusus untuk para teletubies.

 ternyata rumah teletubies ini memiliki banyak kelebihan :
1. Biaya pembuatan murah (Tidak ada aksen yang tidak perlu)
2. Hemat Tempat (Tentunya)
3. Lebih cepat dalam pembangunanya (Materialnya mudah ditemukan)
4. Nyaman dipandang dan juga ditempati (berbeda dari kebanyakan rumah)
5. Sangat natural (Bentuknya ergonomis)
6. Tahan Bencana Alam (Ini yang paling penting)


Ya desain awal dari rumah ini adalah dibuat agar lebih tahan bencana alam, khususunya Gempa bumi.
Jika anda menduga rumah ini ada di luar negeri anda salah besar, memang banyak bangunan yang mengadopsi model Dome seperti ini, sebut saja igloo (rumah tinggal sementara yang terbuat dari salju yang dibentuk setengah lingkaran dan ditunjukan untuk menghangatkan diri, karena rumah ini ada di daerah-daerah kutub, walaupun beberapa rumah dikanada tidak sedikit yang mengaplikasikan rumah jenis ini).rumah ini terletak di dusun nglepen, desa sumberharjo, kecamatan perambanan.

pembangunan rumah ini dilatar belakangi oleh kejadian gempa bumi yang menimpa kota jogjakarta pada 2006 silam, maka dari itu pemerintah bersama dengan,Dome for the world foundation 
membangun rumah ini untuk meringankan para korban, pembangunan rumah ini didanai tunggal oleh seorang juragan real estate dari dubai bernama Muhammed Alabbar.

2. Rumah Gurita


rumah yang sempet jadi film ini dapat dibilang unik karena memang tidak lazimya sebuah rumah, bahkan tidak sedikit juga yang menyebut rumah ini angker.


3. Mbaru Niang 


Rumah unik di Indonesia selanjutnya adalah rumah-rumah adat.  Rumah yang terdapat di Flores ini memiliki 5 tingkatan, jika masuki rumah akan sampai pada tingkat pertama disebut lutur. ke lantai dua disebut lobo untuk menyimpan  makanan. Ke lantai tiga disebut ruang lentar fungsinya untuk menaruh benih. Sedangkan dilantai empat disebut lempa rae fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan jika gagal tidak berhasil (gagal panen). Terakhir dilantai kelima tempat untuk menaruh  berbagai macam sesaji untuk leluhur, hekang kode sebutan ruanganya.
 

4.  Sao Ria Tenda Bawa


Rumah adat unik unik ini berada di NTT di desa Koanara Kelimutu. mirip mbaru niang yang atapnya sampai ke tanah, sao ria tenda bawa moni koara mirip hanya perbedaanya bahan atapnya terbuat dari ilalang. Rumah adat ini memiliki 3 fungsi dan rumah yang berbeda. menyimpan tulang leluhur disebut rumah baku. Rumah lumbung padi dipergunakan untuk menyimpan bahan makanan. kepala kerbau didepan rumah merupakan tanda untuk masuk sekaligus juga menandakan arah masuk kerumah sebagai hunian.

5. Rumah Honai


Rumah adat di Papua ini unik, rumah honai sebutanya. terbuat dari kayu, atapnya khas membuat ini spesial. Atap rumah honai berbentuk mirip kubah atau bola dari jerami. Rumah ini ditemukan di Lembah Baliem. Penghuni asli Papua menggunakan rumah ini sebagai tempat tinggal utamanya. Rumah yang  bertinggi 2,5 meter ini dibagi menjadi dua lantai. 

Lantai kesatu berfungsi kamar tidur sedangkan lantai kedua dipergunakan untuk makan, membuat kerajinan tangan dan istirahat sejenak. tangga dari bambu memisahkan kedua ruang ini. 


Rumah tanpa jendela ini sengaja untuk menghalangi udara dingin yang ada di lembah Baliem. Rumah honai dapat dihuni hingga 10 orang.


6.  Rumah Suku Sasak


Sekitar Nusa Tenggara memang tempatnya kebudayaan unik dan rumahnya tidak kalah uniknya, khususunya di Nusa Tenggara Barat ada rumah suku Sasak sebutanya. 

Mirip kedua rumah adat yang ada sebelumnya sebelumnya rumah adat suku Sasak ini atapnya juga terbuat dari dedaunan hanya saja terbuat dari jerami. 


Dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Lantai rumah terlihat keras mirip semen merupakan tanah liat diaduk dengan abu vulkanik dan kotoran kerbau. atapnya yang membentuk seperti gunung menjadikan rumah ini unik. 

sedangkan untuk Bagian ruangannya sendiri dibagi menjadi tiga bagian ruang. Bagian pertama dari rumah tradisional ini dimanfaatkan untuk tidur, satu tingkat diatasnya untuk menyimpan barang-barang, dan ruang ketiga yang ada digunakan dimanfaatkan untuk menaruh jasad sebelum di kubur dan untuk melahirkan.

7. Rumah Pohon


Jika sekarang banyak tempat wisata yang mengadopsi gaya rumah pohon, maka kamu harus tahu siapa pemilik sah dari model rumah pohon model ini. suku korowai adalah pemilik dari model rumah pohon ini, mereka mendiami wilayah kaibar, mappia, papua. 

pada tahun 1974 missionaris dari belanda menemukan keberadaan mereka yang sebelumnya mereka tidak mengetahui adanya suku lain di luar wilayahnya. suku yang tinggal diatas pohon setinggi 15 hingga 50 meter ini percaya jika mereka membangun rumah setinggi ini maka selai nuntuk menghindari serangan binatang buas mereka mengamini bahwa dengan membangun rumah yang tinggi mereka menghindari mahluk halus atau lebih tepatnya mahluk halus. 

suku ini mempercayai semakin tinggi rumah yang mereka bangun semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.
Share: