Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 hal wajib ada di rumah anda

Memiliki Rumah Idaman merupakan salah satu pencapaian dalam hidup tentunya, karena tidak semua memilki rumah layak, kita wajib bersyukur atas hal itu. dan apabila kamu memiliki rumah ataupun hunian maka wajib mengetahui 7 ini sebagai setidaknya patokan, dan bila anda belum memiliki rumah, semoga segera menmilikinya. 

 dibawah ini adalah tips-tips mengenai hal-hal yang wajib ada di dalam rumah anda, tips ini tentu tidak mutlak, anda dapat menambahnya sendiri, dapat pula mengurainya, setidaknya beberapa hal di bawah ini dirasa perlu ada di rumah anda, karena rumah adalah cerminan pemiliknya, siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang bagus, tertata dan rapih? semua pasti menginginkanya, okelah tanpa berlama-lama mari kita simak tips berikut.


1. Pencahayaan Optimal

cahaya merupakan salah satu untur kehidupan, selain air tentu saja. cahaya didalam rumah merupakan sebuah keharusan, didalamnya meliputi pencahayaan alami dan pencahayaan buatan, mengapa di bagi menjadi 2 katergori.

a. Pencahayaan alami.

matahari merupakan materi untuk pencahayaan alami, lantas bagaimana kita memanfaatkan sumber energi ini. 

pertama, manfaatkan jendela-jendela yang ada dirumah anda, usahakan terletak di timur dan barat sebagai mana jalur matahari berasal.

kedua, pergunakan 2 macam tirai dalam sebuah jendela, maksudnya agar kita dapat memilih, apakah harus menggunakan tirai yang tipis pertama atau kedua tirai ditutup.


ketiga, apabila terdapat ruangan yang gelap diruangan anda, manfaatkan cermin di ruang yang dirasa perlu agar pencahayaan merata keseluruh ruangan, selain ruangan yang gelap akan menimbulkan penyakit karena banyak binatang yang bersarang, ruangan tersebut secara fengshui juga kurang baik.


b. Pencahayaan Buatan.


pencahayaan buatan merupakan pencahayaan yang direkayasa oleh si perancang karena dalam hal tertentu terasa tidak mungkin menggunakan pencahayaan alami sebagai sumber utama cahaya, biasanya hal ini terjadi pada rumah-rumah yang memiliki luas dan panjang yang besar. 

sehingga bagian tengahnya biasanya tidak tercover oleh cahaya. apabila hal ini terjadi, pastikan menggunakan lampu hemat energi, jangan terlalu banyak sekat pada ruang yang seperti ini karena akan menghalangi cahaya masuk ke sudut-sudut ruangan.

2. Sirkulasi Udara Lancar

Sirkulasi atau pergerakan merupakan sebuah istilah yang banyak digunakan oleh sorang perancang dalam membangun rumahnya, istilah tersebut banyak diaplikasikan tidak hanya terhadap udara, namun juga jalan.

tidak sedikit dari kita yang menghabiskan 80% waktunya dirumah, dan apa jadinya apabila rumah kita pengap karena sirkulasinya tidak baik? dan bagaimana menyiasati sebuah ruangan agar dapat dikategorikan baik. manfaatkan lingkungan sekitar. 

apabila lingkungan sekitar rumah anda memungkinkan untuk tidak menggunakan pendingin suhu udara(AC) itu bagus, karena biaya yang dikeluarkan untuk sebuah kenyaman tersebut tergolong tidak murah, karena hampir 25% dari total tagihan listrik rumah yang menggunakan AC, berasal dari pendingin ruangan ! maka dari itu pilihlah yang hemat energi dan aman, banyak sekali model dan tipe untuk AC yang tersedia saat, tinggal bagaimana kita memilihnya dengan sedikit lebih jeli.

oke balik ke topik, manfaatkanlah sirkulasi silang, apa itu sirkulasi silang ? secara umum yang dimaksud dengan sikulasi silang/ Cross circulation adalah sebuah metode yang digunakan oleh perancang atau pemilik rumah untuk memanfaatkan udara alami dengan menggunakan ventilasi secara horizontal, vertikal, maupun diagonal.


3. Utilitas Dan Sarana Pendukung Yang terencana

Apakah rumah anda memiliki kamar mandi tamu? apakah memiliki dapur bersih? memiliki garasi?
hal-hal seperti itu sebaiknya bahkan dipikirkan sebelum kita membangun rumah "merencanakan"
apakah dalam 2 tahun kedepan berencana menambah ruangan misalnya? apabila rumah anda belum terencana sebelumnya tidak masalah asalkan anda perhatikan tips-tipsnya.


prioritaskan ruangan yang dianggap perlu atau wajib, seperti ruang tamu, keluarga, ruang tidur, dapur dan kamar mandi, memiliki akses yang mudah, memiliki kelengkapan yang benar-benar dianggap perlu dan sebisa mungkin hindari furniture yang dianggap terlalu memakan tempat. apabila anda memiliki ruangan yang sempit, maka pergunakan sebuah benda atau hal yang anda anggap sebagai pengalih perhatian, misalnya akuarium atau tanaman yang simple namun memiliki nilai estetis tinggi seperti bonsai misalnya atau anggrek.
 
4. Pembagian Ruang yang Baik

sama seperti point ke 3, pembagian ruangnan yang baik adalah ruangan yang terencana dari awal, apabila anda memiliki ruangan yang luas, selamat ! karena anda termasuk golongan yang tidak seharunya terlalu di pusingkan oleh layouting, namun apabila anda memiliki lahan yang sedikit, maka anda harus pintar-pintar mengolah ruangan. tipsnya adalah, pahami dahulu karakteristik rumah anda, apakah anda hanya hidup sendiri? 

sudah memiliki pasangan yang segera punya anak? atau anda seorang kepala rumah tangga yang memiliki keperluan ruangan yang besar untuk menampung keluarga besarnya.

dalam sebuah rumah umumnya dibagi menjadi 3 ruangan zona, zona publik, zona semi publik dan privat. 

zona pablik adalah teras, garasi, taman depan dan ruang tamu. kemudian adalah zona semi publik adalah ruang makan, ruang keluarga, ruangan bersantai. zona privat adalah kamar tidur, ruang kerja pribadi, dan kamar mandi pribadi, nah dari beberapa kategori ruangan tersebut, silahkan tentukan prioritas ruangan yang dianggap perlu saja.

5. Adanya Vegetasi
 

vegetasi alami maupun vegetasi buatan dirasa perlu untuk sebuah rumah, fungsinya selain untuk menurunkan suhu udara yang panas. penggunaan vegetasi yang tepat dapat menyaring dan menghalau udara kotor atau kencang yang menghempas rumah anda. ada beberapa tanaman atau vegetasi yang cocok untuk ditaman dirumah anda petimbangkanlah bambu misalnya atau palm/ jika ingin yang benar-benar rindang tanam pinus.
6. Aksesoris Kesukaan Anda


rumah adalah tempat dimana kita melepas rindu terhadap keluarga, tempat pertama dimana kita berinteraksi sebelum kita melakukan kegiatan masing-masing misalnya, dan dirumah inilah kita banyak menghabiskan waktu bersama keluarga diwaktu luang maka dari itu, rumah anda adalah istana anda anda berhak menyipakan konsep-konsep gila di dalam rumah anda misalnya memasang wallpaper ukuran raksasa Lord Snow, misalnya apabila anda menyukai film game of thrones, atau anda dapat memasang aksesoris wayang misalnya apabila anda menyukai pergelaran wayang.atau diruang kelurga misalnya menggunakan warna-warna favotit anda misalnya, Inspirasi warna ruang keluraga


intinya adalah rumah anda adalah gaya anda, selama tentu membuat anda nyaman denganya.

7. Sikap Pemilik Rumah


terakhir yang paling penting adalah anda sebagai pemilik rumah sikap anda bagaimana memperlakuakan rumah anda, anggap rumah sebagai barang mewah yang perlu anda hormati kebersihanya, kerapihanya, kerawatanya. bagaimanapun rumah adalah merupakan asset yang berharga yang tidak boleh diperlakukan sembarangan. apabila anda terlalu sibuk untuk mengurus rumah, manfaatkanlah jasa tenaga kerja asisten rumah tangga dan perawat kebun misalnya agar rumah anda selalu dalam kondisi bersih dan terawat. "didalam rumah yang sehat terdapat penghuni yang bertanggung jawab"




silahkan comment apabila ada yang perlu ditambahkan dan dishare apabila menurutmu artikel ini bermanfaat.
Share: