Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Tips Sukses Menjadi Arsitek

1. Passion 

Mengenali Kekurangan dan kelebihan diri menjadi tolak ukur utama apakah seorang memiliki passion atau semangat di bidang ini atau tidak. Tentu masing-masing individu memiliki karakteristik yang berdeda-beda, begitu juga dengan semangatnya yang berbeda-beda itu merupakan anugrah, dan kita yakini setiap individu itu unik dengan caranya masing-masing.


Mengapa passion menjadi pondasi terbentuknya kesuksesan seseorang, bukan hanya dibidang arsitektur tentu saja, namun juga disemua bidang pekerjaan, ada yang menyukai menggambar, menghitung, bernyanyi, berakting, mengorganisasikan sekelompok orang, bermain game, dsb. Disinilah kamu diuji untuk mengenali passion mu, apabila passionmu menyanyi masuk ke sekolah menyanyi, berakting masuk ke sekolah akting, apabila kamu lebih sering ingin didengar misalnya masuk kesekolah hukum, dan lain sebagainya. 

Diwaktu sekarang ini, sudah sangat terbuka pendidikan & pekerjaan yang dahulu terasa tidak menjanjikan menjadi sangat menjanjikan, kita ambil contoh misalnya youtuber, pendapatan seorang profesional youtuber di Indonesia memang tidak sebesar pendapatan para sesepuh youtuber yang ada di luar negeri misalnya, namun dengan semakin berkembangnya negara kita, penetrasi Internet yang saya rasa semakin tahun semakin membaik, dan penduduk indonesia yang sebegitu besarnya 250 juta orang ! saya kira ke depan para youtuber ini menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan, sekali lagi apabila itu adalah passionmu. 

 
Fokus ! ya fokus sebenarnya diperlukan dalam bidang apapun terlebih dalam bidang ini, fokus merupakan sebuah mantra ajaib yang apabila diucapkan secara terus menerus dari dalam hati akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa. Ingat prasa bung karno mengenai ini “apabila engkau memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati dan berusaha dengan seluruh upaya, maka alam semesta akan bahu membahu membantu mewujudkanya” saya sendiri tidak meragukan prasa tersebut, karena banyak sekali contoh sukses dari orang-orang yang fokus dan tekun selalu melakukan yang dia senangi dengan sebaik-baiknya, maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Tekun melakukan hal yang positif, berulang-ulang, apabila kamu gagal coba lagi, apabila gagal coba lagi, sehingga kegagalan enggan dan bosan untuk menghampiri mu !

Maka dari itu passion sangat penting, mengetahui secara pasti apa yang kamu inginkan dari hidup juga penting, galilah kemampuanmu, ketahui kemauanmu dan asah terus menerus sehingga kita benar-benar dapat membuktikan bukan untuk orang lain, namun untuk diri kita sendiri bahwa pilihan yang kita pilih tidak salah. Mendengarkan orang-orang disekelilingmu itu penting, namun jangan jadikan hal tersebut menjadikan keraguan dalam hati, mejadikan kamu kecil hati, kenali keinginanmu dan hal yang membuat kamu suka dan rela menghabiskan waktu berjam-jam tanpa kamu sadari, dan fokuslah pada bidang itu, berani bermimpi besar dan yakinkan kamu bahwa jalan yang kamu pilih sudah tepat, maka tidak ada alasan untuk kegagalan berani mendekatimu.

2. Daya Juang

Tidak hanya dibidang arsitektur, disemua bidang membutuhkan daya juang, semangat dan kemauan menjadi kunci setelah kita fokus, terlebih dibidang ini yang pendidikanya saja saya kita tidak murah, dan relatif membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan sebuah gelar, belum lagi tekadang kita dihadapkan untuk memiliki skill atau kemampuan-kemampuan yang dianggap perlu untuk menunjang keahlian kita, yang harus kita dapatkan dengan kursus-kursus, maka sebenarnya daya juang kita menjadi penghubung antara niat dan pencapaian. 


Konsistensi melakukan yang kita senangi melakukan yang terbaik disegala kondisi menjadi kunci selanjutnya agar dapat sukses menjadi seorang arsitek-atau yang lainya. Fokus saya kira sulit, demikian dengan konsistensi, kita sebagai mahluk sosial yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terkadang melakukan sesuatu secara serius dan melakukan yang sebaik-baiknya hanya diawal saja, tidak terus menerus karena satu dan lain hal, dan ini menjadikan konsistensi itu penting, kita wajib melakukan yang terbaik secara terus menerus tanpa lelah itulah mengapa saya sebut daya juang itu penting, tentu menjadi orang yang konsisten itu tidak mudah, terkadang ada saja halangan dari dalam diri kita atau bahkan dari luar diri kita yang menghalangi atau tidak telalu suka dengan yang kita lakukan, dan jika hal tersebut menurunkan semangat juang kita saya kira wajar. 


Namun yang terpenting adalah apakah kita harus larut dalam ketidakpastian itu? Atau kita dapat keluar sesegera mungkin dan segera berbenah karena kita tahu, dunia itu luas, fokuskan pada yang membesarkan kita bukan mengecilkan kita, dibelakang kita banyak orang-orang yang mencintai kita dengan tulus, fokuskan pada mereka sehingga kita dapat menjadi diri sendiri dan membuktikan bahwa mereka yang mengecilkan hati kita itu keliru, buktikan pada diri kita sendiri bahwa kita mampu walaupun jalan terjal tapi kita bisa melewatinya dan pasti dengan daya juang yang tinggi kita dapat melewatinya dengan baik. Mendisiplinkan diri juga terkadang perlu agar hidup kita lebih terorganisir, tidak harus pula seluruh kegiatan kita catat dengan rinci kemudian kita baca berulang-ulang, namun garis besarnya saja, apakah yang hendak kamu lakukan diminggu ini, kemudian susun rencana mingguan, bulanan, dan tahunan. 

Kemudian disiplinkan dan konsistenkan diri untuk melakukan yang sudah terencana tersebut fokus pada kegiatan yang sekiranya ada hubunganya dengan kegiatan yang menambahwawasan dan juga pengetahuan, membaca buku, ikutilah kompetisi-kompetisi sesuai bidangmu agar kemampuanmu terasah dan namamu dikenal secara positif oleh masyarakat. Lakukanlah itu berulang-ulang, terus-menerus sehingga tanpa terasa rutinitas tersebut kita jalani tanpa beban dan menjadi behavior atau kebiasaan. Penting untuk kita memiliki kebiasaan yang positif dan sesuai dengan cita-cita awal kita, entah kamu pelajar, mahasiswa, seorang profesional atau pengusaha tentu penting bukan memiliki kebiasaan yang positif? Karena dengan kebiasaan yang sesungguhnya merupakan proses disiplin diri yang berulang-ulang itu, menjadikan kita manusia yang tentu saja berguna bukan hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain, saya yakin itu. Fokus, memiliki daya juang yang tinggi, disiplin dalam melakukan kegiatan yang psotifi, kemuadian konsisten melakukanya walaupun tidak mudah menjadi kesimpulan di point kedua ini. 


Terus belajar dan membuka diri untuk pengetahuan baru, jadikan dirimu orang yang berguna “sebaik-baiknya orang adalah yang berguna untuk sesamanya”, miliki sikap yang rendah hati apabila tujuan sudah tercapai, karena kesombongan adalah awal dari kehancuran, miliki sikap yang militan mau berjuang dengan caranya masing-masing, terkadang kita perlu memaksa diri untuk terus melakukan yang terbaik dalam hidup, yang terpenting adalah terus mencoba, jangan berhenti dan mintalah restu orang tua terutama ibumu atau siapapun yang anda anggap perlu apabila ingin mengambil sebuah keputusan penting, karena restu mereka penting dijalan yang kamu mabil dan dengan restu mereka akan mengiringi disetiap jalan yang dilalui jadi semangatlah.


3. Inovatif


Ciptakan pembaharuan dengan caramu sendiri, tidak terlalu terikat dogma, lakukan sesuai yang ingin kamu lakukan, berikan desain atau pemikiran pemikiran yang baru yang bahkan tidak terfikirkan sebelumnya. Misalnya Membuat tangga Inovatif  Karya yang inovatif tentu akan mendapat perhatian karena ia berbeda dari yang lain, bisa memiliki fungsi yang berbeda, cara menggunakan yang berbeda, yang intinya adalah membuat sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik dan atau menciptakan sesuatu benar-benar baru. Arsitek yang memiliki pemikiran yang benar-benar baru misalnya adalah zaha hadid wanita yang satu ini memiliki pemikiran yang berbeda dari kebanyakan arsitek yang ada, ia menciptakan sekaligus juga menawarkan desain dan konsep bangunan yang benar benar unik dan tentu saja memiliki karakter, sehingga sekali orang melihat suatu karya, orang akan tahu siapa pembuat karya tersebut ! 

inovatif juga merupakan sebuah kunci dimana pikiran-pikiran kuno yang ada didalam pikiran kita, kita kaji, kita rangkum dan kita ambil intisarinya dan kita terapkan ke dunia yang benar-benar berjalan cepat ini dengan banyak perubahan sesuai dengan pemikiran kita, out of the box istilah yang tepat untuk mencerminkan orang-orang yang memiliki pemikiran seperti ini, saya sepakat apabila pemikiran inovatif merupakan juga salah satu gen sifat keturunan yang mungkin diturunkan oleh orang tua kita, namun tidak menutup kemungkinan juga apabila kita terus mencoba pasti akan menemukan juga ide-ide yang segar. 

Di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana perebutan ide-ide menjadi semakin menarik, kita dituntut untuk selalu melakukan pembaharuan, jika tidak ingin tertinggal. Para pemikir yang ada diindonesia sebernarnya sudah baik jika dibandingkan dengan beberapa negara diasia tenggara, kita memiliki sumber daya manusia yang sangat potensial dimana usia angkatan muda jauh lebih besar, kemudian kita memiliki sumber daya alam yang sangat variatif dan banyak kuantitasnya, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya saja. 

Apabila kita ingin menjadi pengusaha misalnya, Pergunakanlah teknologi internet untuk melakukan promosi-promosi, selain lebih murah, itu juga menjadi lebih efisien tenaga dan waktu, namun pastikan konten yang dimiliki unik. Tentukan pasar yang hendak akamu tuju, dan pergerakan kita harus jelas dimata para audiens misalnya, seperti kita bergerak dibidang apa? kemudian tujuan didirikan suatu perusahaan apa? siapa saja yang terlibat didalamnya? saya kira hal-hal tersebut menjadi penting apabila kita ingin mendirikan sebuah usaha sendiri, bidang apapun itu. Misalkan kita kaitkan dalam bidang teknologi, mengapa orang cenderung lebih menyukai sebuah gadget dari merek tertentu ketimbang yang lain, apakah murni karena kualitasnya memang baik? ataukah karena merupakan produk import? Atau justru karena memiliki desain gadget yang menawan dan lain dari yang lain misalnya, nah pengalaman seperti itu yang harus kita kejar ! customer experience itu nomor satu, pengalaman dan feed back mereka menjadi masukan yang berarti untuk kita, karena mereka tentu jujur untuk mengungkapkan suatu penilaian because they spent money and time for it.
Kemudian misalnya kita mungkin pernah mendengar nama jack ma? Pendekar teknologi dari china yang merubah tidak hanya sebuah cara memesan sebuah produk namun juga mengubah keseluruhan cara berfikir orang mengenai sebuah pemesanan, ditanganya alibaba.com menjadi salah satu perusahaan terbaik di China daratan, dan menjadikan dia orang terkaya dinegaranya. Jika diindonesia kita mengenal bukalapak.com, lazada.com, jual beli kaskus misalnya, masing-masing memiliki karakteristik sendiri, dan orang akan menggunakan sesuai dengan kemampuan dan penilaianya masing-masing mengenai sebuah cara pemesanan Online, nah! Dari analogi tersebutlah kita sebagai arsitek misalnya memiliki gambaran seperti apa kita 10 tahun ke-depan, ide-ide apa yang akan tetap segar, ataupun desain-desain seperti apa yang akan bertahan lama dan tidak habis dimakan waktu. Itu mengapa ide inovatif seorang arsitek atau pengusaha misalnya menjadi salah satu faktor penting selain, fokus & daya juang.

4. Imajinatif

Imajinatif merupakan sebuah rangkaian proses dimana pemikiran dan ide-ide kita digantungkan setinggi-tingginya dan merupakan sebuah daya khayal yang tinggi dari kemampuan analisa otak dan hati. 

Sebuah karya yang baik adalah tidak saja bermanfaat untuk dirinya namun juga untuk orang lain, semua tahu itu, kita mengerti salah satu arsitek terbaik indonesia Y.B mangun wijaya, beliau bukan sekedar pejuang seni, namun juga seorang humanis, dengan imajinasinya alih-alih menggusur bangunan yang ada pada pinggiran kali code, jogjakarta, beliau membangun sebuah ekosistem keluarga dimana tempat yang tadinya tidak layak huni menjadi sebuah perkampungan yang menerima banyak penghargaan, itu imajinatif ! 

atau misalnya bung karno ingin membangun sebuah stadiun bola yang cukup untuk menampung 80.000 orang misalnya, padahal kondisi Indonesia pada masa itu masih dalam masa transisi dari masa perjuangan menuju masa pembangunan, beliau melihat mengapa negara lain memiliki stadium bola yang megah dan indonesia tidak? 

Maka dari itu dibangunlah sebuah stadium bola yang megah yang sekarang bernama Gelora Bung Karno, dan masih banyak lagi misalnya pemikiran imajinatif Bung Karno, misalnya mengenai patung kedirgantaraan yang sekarang terdapat dipancoran, ikon itu menjadi hidup karena sejarah mencatat bagitu hebat mengenai pembangunan dan latar belakang dibalik pembangunanya. 

Dan misalnya sebuah gedung Dpr yang diarsiteki oleh soejudi yang berbentuk seperti kedua sayap yang mengepak yang melambangkan arti imajinatif, bahwa disanalah tempat orang-orang terpilih diIndonesia yang akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia sejajar dan bahkan bisa lebih tinggi dari negera lain, biarpun setiap hari ada pembanguna di jakarta misalnya, namun bangunan-bangunan ikonik tersebut akan tetap abadi karena nilai yang ada didalamnya dan pemikiran imajiner yang melandasinya.

5. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
Menjadi pembelajar, tidak puas dengan pengetahuan yang dimilikinya saat ini, baik kempuan teknikal maupun konseptual.

 
Berikut lima manfaat mengejutkan rasa ingin tahu.

Dapat menjalin hubungan dengan lebih erat memiliki dampak lingkungan sekitar yang baik dan dapat membuat kehidupan sosialmu lebih berwarna. Jika kamu menunjukkan minat pada apa yang seseorang katakan dan memiliki cara mendiskusikan hal-hal yang menarik dengan orang lain, mungkin mereka bisa menikmati menghabiskan waktu denganmu.
  •  "Orang yang punya rasa ingin tahu tinggi sering dianggap sebagai pendengar yang baik dan cakap berbicara, apabila dikondisikan pada minat dan hobi yang sama akan membantu mempererat pengetahuan dari kedua sisi”
2. Dapat membantu melindungi daya tahan otak, dan kemampuan berfikir. Pernahkan terdengar olehmu bahwa salah satu cara untuk membantumu terhindar dari penyakit alzheimer adalah memainkan teka-teki silang?
  •  "Menjaga kemampuan otak terstimulasi secara mental merupakan tugas seumur hidup. Jika kamu dapat tetap aktif secara intelektual dan terstimulasi terus sepanjang waktu, merupakan langkah yang baik dalam perlindungan melawan demensia”
3. Membantu mengatasi rasa cemas..
  •  orang yang mengalami kecemasan sosial dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mungkin lebih cenderung terlibat dalam perilaku yang menghindari konflik.
4. Membantu Menumbuhkan jiwa Positif. rasa ingin tahu dapat meningkatkan pengetahuan yang sedang dan akan berkembang,  itu akan membawa dampak positif terhadap perkembangan jiwa.
  • "Saat kita merasa ingin tahu, kita bersedia meninggalkan kehidupan yang akrab dengan kita dan mengambil risiko sekalipun itu membuat kita merasa cemas dan tak nyaman”.
5. Mempelajari semuanya bahkan yang tidak menarik perhatianmu sama sekali, lebih mudah untuk mempelajari hal-hal yang tidak menarik saat rasa ingin tahumu ada.
  •  Ketika kamu kembali belajar, otakmu akan bersedia untuk membiarkan informasi masuk melalui penglihatan sekalipun itu yang menurutmu tak menarik.
6. Pandai Menjalin Hubungan


Hampir mustahil apabila kita tidak pandai menjalin hubungan dengan baik dapat menjadikan kita orang yang berhasil, dalam bidang arsitektur misalnya, kita dituntut untuk mengetahui secara pasti kepribadian client kita yang itu semua akan didapat apabila kita pandai menjalin hubungan dan terjadi dialog yang natural antara pemilik danan dengan perancang, begitu pula dalam bidang yang lain. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisa menjalin hubungan dengan baik.


a.Cari kesamaan.
  • Perbanyak Dialog, biarkan Kesamaan Muncul dengan sendirinya dalam sebuah pembicaraan. Gali lebih dalam mengenai kemungkinan-kemungkinan kesamaan yang akan membuat kamu lebih akrab dengan seseorang yang kamu anggap penting.
b. Berikan Pujian Yang Tulus, kamu harus menemukan pada bagian apa mereka merasa senang dan tersanjung dengan sebuah pujian, namun harus tulus pujian yang kamu berikan.
  •  Gambarmu sangat menarik, saya kira kamu berbakat dalam bidang itu.
c. Bicarakan Kembali apa yang mereka katakan sebelumnya.
  • kamu ingin membuat orang lain merasa bahwa kamu benar-benar peduli mengenai yang mereka katakan dan itu memberikan tanda bahwa Anda mengingatnya walaupun tidak bertemu setiap saat.
d. Buat Mereka Nyaman. Terbukalah, beri pujian, ramah  dan buat mereka merasa nyaman dengan kehadiranmu. Jangan terus menilai dan menilai apa yang mereka katakan, memberikan penilaian yang membuat bingung, atau bersikap seakan mereka salah.
  •  pancarkan energi hangat dan positif buat orang lain merasa bahwa mereka bisa aman. Jika hendak mengkritik, kritiklah dengan halus agar tidak terjadi perselisihan, memang sikap orang berbeda-beda, maka dari itu coba arahkan pandangan dari sudut pandang mereka.
e. Terbukalah. Kamu benar-benar ingin menjalin hubungan dengan orang lain, kamu harus siap terbuka dan memperpersilahkan mereka melihat diri Anda sesungguhnya.
  • Harapan kamu kedepan, hobi kamu selama liburan, atau apapun yang mencerminkan dirimu, terbukalah terhadap mereka, menjadikan mereka terlibat didalamnya dan terjalinlah pertemanan yang mengalir tanpa rekayasa.
f. Jadi Pendengar yang baik. Mengambil waktu untuk menjadi seorang pendengar yang baik itu penting, dapat menjadi cara tercepat agar mereka menjalin hubungan dengan kamu secepat mungkin
  • Menjadi Penyimak yang baik akan mendatangkan perhatian yang tulus dari orang yang berbicara, sebisa mungkin mengerti dengan topik yang diperbincangan agar pembicaraan mengalir cepat dan positif
7. Logis
Impian kita harus tinggi, namun juga harus disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh. Berfikir logis artinya mempunyai logika. Logika adalah salah satu kunci untuk menuju kesuksesan. Dengan mampu berpikir logis, kita bisa merespon fenomena di sekitar dengan cepat jika berfikir. Keuntungan menjadi orang yang logis adalah kita dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan, karena rentetan sebuah peristiwa yang telah terjadi. Tipe logis menurut ku itu:

a.Lebih Berfikir Mengenai Masa Depan
  •  selalu berpikir soal capaian dan target. Karena itu, ia lebih banyak berpikir soal masa depan. Baginya masa lalu tidak bisa diubah dan telah terlewat, untuk apa dipikirkan. Kecuali hendak memetik pelajaran dari peristiwa tersebut
b. Mebuat Rencana.
  • Membuat rencana itu penting, sehingga kita dapat mengukur apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharunya tidak dilakukan
c. Mendapatkan Informasi Dengan Segera
  • Apabila kamu mendapatkan informasi mengenai apapun dengan cepat dan baik itu pertanda baik, tinggal bagaiman kita memilihnya sesuai dengan keinginan kita.
d. Tidak Terlalu Suka Berdiam Diri
  • Berdiam diri sejenak itu perlu, apalagi dengan segala macam rutinitas yang ada, namun itu semua tidak semata karena ingin bermalas-malasan, bergeraklah, berfikirlah, dari situ kita dapat mendapatkan manfaat yang terkadang tidak kita duga sebelumnya.
e. Bertindak Secara cermat
  • Terukur dalam bertindak, memiliki impian yang tinggi dan melakukan kegiatan-kegiatan yang sejalan dengan tujuan awal, tidak salah langkah dan membagi waktu dengan baik, tentu tidak semua waktu kita gunakan untuk bekerja, itu mengapa mengetahui secara pasti passionmu menjadi penting sebagai poin pertama. Karena denganya kita tidak memiliki alasan untuk bertindak tanpa perhitungan.

Memiliki passion yang jelas, mempunyai daya juang yang sesuai dengan passion kita, dan melakukan kegitan tersebut berulang-ulang sehingga kita mengetahui secara menyeluruh kegiatan dan passion yang kita punyai kemudian melakukan pembaharuan secara inovatif agar yang kita lakukan memiliki nilai lebih dimata orang lain dan merangkainya menjadi satu kesatuan dalam sebuah pemikiran imajiner dan itu harus dilakukan dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi namun juga harus bertindak logis agar segala sesuatu yang kita lakukan tidak hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri namun juga orang lain.


Share: