Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

Gereja Yang Wajib kamu ketahui (Di Indonesia)

Tempat peribadatan merupakan tempat suci bagi orang yang mempercayai agama. jika umat islam memiliki masjid untuk beridabah tidak berbeda dengan umat kristen yang memiliki Gereja sebagai tempat berdoa. di indonesia sendiri yang memiliki 253 juta jiwa mayoritas agamanya muslim, memiliki tidak sedikit pula gereja-gereja yang sangat indah dan memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi. bahkan di jakarta sendiri yang menjadi ibukota negara cerminan Indonesia terdapat masjid terbesar di asia tenggara Istiqlal berhadapan langsung dengan katedral, melambangkan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama. 



Bhineka Tunggal Ika, Persatuan, Persatuan dan Persatuan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali terdapat gereja-gereja yang indah nan megah, daftar beberapa ini adalah merupakan pilihan yang sulit karena harus benar-benar di rangkum dan dipilih.
berikut adalah daftarnya:

7. Katedral Manado

katedral manado

Gereja ini yang disebut-sebut sebagai gereja termegah di Indonesia Timur ini memiliki nama resmi Katedral Hati Tersuci Maria dan diresmikan tahun 2010. Gereja ini memiliki ciri-ciri arsitektur eklektik alias campuran dari 3 gaya arsitektur, yaitu Byzantium, Romanesque, dan Gotik. Ciri khasnya adalah kubah yang terinspirasi dari gereja-gereja yang berada di Roma.

6. Katedral Larantuka, Flores

katedral larantuka

Wilayah Larantuka terkenal memiliki populasi umat Katolik yang cukup besar seperti tetangganya karibnya, Timor Leste, sedangkan nama resmi dari gereja ini adalah Katedral Reinha Rosari. Bangunan gereja yang berdinding batu bata seperti sekarang baru selesai pada tahun 1909.

5. Gereja Kayu Tangan, Malang


Gereja Kayu Tangan terletak di pusat kota Malang yang adem dan tentram, untuk gereja ini sendiri dibangun pada tahun 1906, sedangkan untuk kedua menaranya baru ditambahkan pada tahun 1930.

4.  Gereja Kepanjen (Santa Perawan Maria), Surabaya

gereja tebaik di surabaya
Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria didirikan pada tahun 1815 di Surabaya. Gereja ini nampak sedikit berbeda dikarenakan eksterior dinding batu bata merahnya. kaca patrinya yang indah terlihat dari dalam gereja. 

3. Gereja Mojowarno, Jombang.

the best chruch in Indonesia

Believe It Or Not, kecamatan Mojowarno, Jombang berdiri salah satu gereja protestan tertua di Indonesia, yaitu GKJW Mojowarno yang berdiri pada tahun 1881. Daerah Mojowarno Ini juga terkenal memiliki populasi umat Kristen terbanyak di Jombang. 

2. Gereja Imanuel Semarang

gereja imanuel semarang
Nama resminya adalah gereja GPIB Imanuel. Gereja ini memiliki julukan namanya dari kubah besarnya yang bulat (“mblendhuk” dalam bahasa Jawa). 

Gereja ini merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1753. Desainnya berbentuk bersegi delapan (heksagonal) dan memiliki dua menara yang baru ditambahkan pada tahun 1894.

1. Gereja Katedral Jakarta

gereja katedral semarang
Nama resminya “Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga”. bahasa Belandanya, “De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming”. Gereja ini dibangun tahun 1810 dengan ciri arsitektur neo-gotik. Gotik sebenarnya adalah suatu gaya arsitektur abad pertengahan yang berasal dari Eropa. Gereja katedral yang dikenal saat ini sebenarnya hasil dari renovasi, sebab gereja ini sempat mengalami dua kali musibah, yaitu terbakar pada tahun 1826 dan skemudian roboh pada tahun 1890. Kemudian pada tahun 2000, gereja ini menjadi target serangan bom Natal.
Share: