Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Tips Memilih AC yang Baik (Efisien dan Efektif)

Pahami Sebelum Membeli

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang terletak di khatulistiwa sehingga suhu pada saat siang hari sekitar 27°C – 34°C. Oleh karena itu, kebutuhan air conditioner (AC ) sangat diperlukan untuk membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih dingin dan sejuk.

Istilah AC (Air Conditioner) lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia daripada kata asli bahasa Indonesia untuk AC tersebut yaitu penyejuk udara atau pendingin ruangan. pengertian AC yaitu sistem atau mesin yang khusus dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan pada suatu area seperti kamar, rumah, kantor, ruang pertemuan, dan lainnya.

Read More...

Tips Memilih AC yang Tepat
Penyejuk udara / pendingin ruangan / AC memiliki berbagai macam tipe yang disesuaikan dengan fungsinya. Inilah beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda sehingga nyaman ditinggali dan pengeluaran listrik tidak terlalu boros.

1. Tentukan luas ruangan

Ukur luas ruangan yang akan dipasangi AC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa ukuran pk AC yang cocok untuk ruangan tersebut. Jika luas ruangan 10 meter = 0,63 pk, 14 meter = 0,88 pk, 18 meter = 1,13 pk, 24 meter = 1,50 pk, 36 meter= 2,25 pk dan 48 meter =3 pk.

2. Tentukan pk AC yang akan digunakan

Setelah mengetahui luas ruangan tersebut, maka pilihlah AC yang memiliki pk yang tepat untuk ruangan tersebut. Secara umum, AC yang dijual di pasaran memiliki ukuran pk yaitu ½, 1, 1 ½, 2, 2 ½, 3.


3. Tentukan tipe AC

Selain pk, AC juga memiliki tipe dan spesifikasi lainnya yaitu tipe standar, low watt, inverter, anti virus dan bakteri, dan lainnya. Pilihlah yang tepat sesuaikan dengan kebijakan Anda apakah ingin yang menghemat listrik atau yang ingin cepat mendinginkan ruangan ataupun untuk kesehatan.

4. Tentukan Brand

Setiap brand / merek AC memilliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebijakan Anda. Jangan lupa cek garansi dari tiap brand tersebut, apakah menawarkan garansi yang lebih menguntungkan Anda.

5. Tentukan toko AC yang terpercaya

Membeli di toko AC yang terpercaya akan memberikan Anda keuntungan karena produk yang dijual sudah pasti terjamin keaslian dan kualitasnya.


6. Cari yang hemat listrik

Seringkali sebagian orang mengabaikan spesifikasi watt yang ada dalam AC. Tak jarang mereka lebih mementingkan harga murah dibanding yang hemat energi.

Bila bingung memilih, fitur inverter yang saat ini sudah santer dipergunakan oleh sejumlah produsen AC bisa menjadi alternatif.

Kelebihan AC berteknologi ini adalah hanya diperlukan waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Kedua, tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak dibekali teknologi inverter.

Selain itu, AC tipe ini lebih hemat energi karena menggunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Terakhir, fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak pernah terjadi.

Kendati Anda telah membeli AC rendah watt, bukan berarti Anda tidak diharuskan menghemat energi.

Salah penggunaan justru dapat menyebabkan pemakaian listrik membengkak. Berikut cara yang benar dalam memperlakukan AC di rumah;

Pilih AC sesuai luas ruangan yang hendak dipasang. Karena kapasitas yang tidak sinkron dapat menyebabkan AC tidak bekerja dengan efisien dan malah meningkatkan tagihan listrik Anda.
Atur suhu pada 25 derajat celcius atau setara dengan tingkat kenyamanan Anda.
Gunakan pengatur waktu atau timer, dan sebaiknya matikan AC minimal satu jam sebelum bangun tidur agar mencegah kedinginan pada tubuh.
Bersihkan filter AC secara teratur, dan jangan lupa untuk servis setidaknya empat bulan sekali.

7. Pertimbangkan segi kesehatan

Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang mampu membunuh virus dan bakteri, yakni plasmacluster.

Tentu kondisi ini ideal bagi Anda yang mengutamakan kesehatan anggota keluarga di dalam rumah.

Uji coba untuk membuktikan kebenarannya dilakukan di sejumlah universitas terkemuka di beberapa negara termasuk Indonesia.

Di laboratorium biologi Institut Teknologi Bandung, tim peneliti mencoba melihat kemampuan dan efektivitas teknologi tersebut dalam menyapu bersih bakteri dan jamur.

Percobaan dilakukan di ruangan seluas 320 meter persegi, dengan kelembapan rata-ratanya 80%. Hasilnya, ion negatif dan ion postif yang terkandung dalam plasmacluster mampu memberantas bakteri dan jamur dalam waktu enam jam.

Share: