Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

Kekayaan Raja Saudi Salman Bin Abdulaziz Al-Saud hingga tempat-tempat menarik yang layak di kunjungi di Arab Saudi.

King Salman, Saudi Arabia

Kedatangan Raja Salman ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia dan Arab Saudi, mengingat kunjungan Raja Arab terakhir dilakukan 46 tahun lalu.


Berbagai persiapan telah dilakukan tengah menyambut kedatangan Raja Salman dan keluarga kerajaan. Lahir dan besar di keluarga bangsawan, tentu membuat Raja Salman lekat dengan gaya hidupnya yang mewah.

Pria Yang gemar beramal ini memiliki kekayaan total sebanyak 400 Triliun Rupiah, itu merupakan kekayaan pribadi, sedangkan untuk kekayaan keluarganya di taksir sebesar 18.620 Triliun Rupiah, Sebuah angka yang sekiranya wajar apabila menilik jumlah lini usaha keluarga yang sangat besar, terutama dalam bidang Minyak dan Properti.

Raja Salman merupakan raja Arab Saudi ketujuh. Ia lahir pada 31 Desember 1935 di Riyadh. Ayahnya adalah Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al- Saud dan ibunya adalah Hassa binti Ahmad al-Sudairi.

Sebelum menjadi raja menggantikan saudara tirinya, Raja Abdullah bin Abdulaziz al-Saud yang wafat pada 23 Januari 2015, penerus gelar penjaga dua kota suci ini sempat menjabat sebagai Gubernur di Riyadh era 1955-1960 dan era 1963-2011.

Hafal Alquran di Usia 10 Tahun

Raja Salman hidup di lingkungan keluarga yang disipiln. Dia sudah hafal Alquran di usia 10 tahun.

Adil dalam menegakkan hukum dan gencar memerangi korupsi.

Tidak ada kata diskriminasi dalam penegakan hukum di Arab Saudi. Jika ada yang melanggar hukum, ia mesti dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku. Itu berlaku bahkan untuk keluarga kerajaan tanpa terkecuali.

Raja Salman mengumumkan bahwa tidak ada perlakuan khusus yang akan diberikan kepada Pangeran dan keluarganya, dimata hukum semua itu sama. Ia juga dikenal gencar memerangi korupsi.

Tinggalkan Obama demi Salat

Pada 27 Januari 2015, Presiden AS Barack Obama dan sang istri, Michelle Obama menemui Raja Salman di istana kerajaan. Kunjungan Obama dan Michelle saat itu juga jadi pemberitaan utama media-media internasional. Sebab, Obama dan Ibu Negara AS itu tiba-tiba ditinggalkan Raja Salman setelah suara azan terdengar. Raja Salman “permisi” untuk menjalankan salat.

Bagi-bagi uang kepada rakyatnya

Sesuai tradisi, raja baru diwajibkan membagikan sebagian hartanya ke seluruh penduduk Arab Saudi. Setiap penduduk mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 62 juta.

Tempat-Tempat Menarik yang wajib di kunjungi di Arab Saudi

Masjidil Haram.
Haram Masjidil
Masjidil Haram.
Selain menjadi lokasi untuk melakukan ibadah haji dan umrah, Masjidil Haram juga merupakan daya tarik tertentu bagi wisatawan dunia. Masjid yang berada di Kota Mekkah ini dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid yang merupakan masjid terbesar di dunia ini tentu saja tidak pernah sepi. Berjuta-juta umat muslim datang ke masjid ini untuk beribadah setiap tahunnya. Menurut sebuah hadits, apabila seorang Muslim melakukan satu kali salat di masjid ini, maka pahalanya setara dengan melakukan 100.000 salat di masjid lain.

Gua Hira.

Tempat turunnya wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril as. Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Karena memiliki nilai historis yang tinggi, gua ini selalu dikunjungi oleh jamaah haji dan umroh dari berbagai negara.

Gua Hira ini terletak di jabal Nur 3,2 km dari Mekkah dengan panjang 3,7 m dan lebar 1,6 m dan tinggi 2 m. Ada sekitar 600 anak tangga yang harus dilewati untuk mendaki gua tersebut.

Karena letaknya di tebing yang curam (tidak terlalu tinggi) dengan lereng lereng jabal Nur yang kering dan berbatu, maka Anda memerlukan fisik dan mental yang prima untuk bisa mencapai gua ini.

Selain melihat lihat keadaan gua hira, para wisatawan biasanya juga melakukan shalat di tempat ini.

Padang Arafah
Padang Arafah.
Padang Arafah adalah padang pasir yang luas di mana bagian belakangnya dikelilingi dengan bukit bukit batu.

Di tempat inilah jutaan ummat Muslim melaksanakan rukun haji, yaitu wuquf di padang Arafah setiap tanggal 9 Djulhijjah.

Wuquf sendiri berarti berhenti. Menyiratkan makna bahwa manusia sejenak berhenti dari segala aktivitas keduniaannya dan mulai mendekatkan diri kepada Tuhan semesta alam yaitu Allah SWT.

Wuquf di sini bisa diisi dengan berdzikir, berdo’a dan juga beribadah. Semuanya diniatkan untuk mendapatkan ridha dan rahmat dari Allah SWT.

Wuquf di Padang Arafah juga dijadikan momentum untuk melakukan instropeksi diri dan menimbang amal kebaikan dan keburukan yang pernah dilakukan.

Padang Arafah ini terletak di sebelah timur 25 km dari kota suci Mekkah. Di tempat ini terdapat jabal Rahmah yang diyakini sebagai tempat bertemunya Nabi Adam as dengan Siti Hawa setelah dipisahkan selama bertahun tahun lamanya.


Inilah tempat wisata di Arab Saudi yang hanya dipenuhi pada saat musim haji tiba.

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi
Masjid ini merupakan salah satu masjid terpenting yang ada di Arab Saudi, tepatnya di Kota Madinah.

Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad dan menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Menurut hadits, apabila umat Muslim mengerjakan satu kali salat di masjid ini, pahalanya lebih besar dari seribu kali salat di masjid lain. Salah satu bagian Masjid Nabawi yang terkenal adalah Raudlah atau taman surga. Raudlah terletak di antara mimbar dan makam—yang dulunya merupakan rumah—Nabi Muhammad.

Madain Saleh
Saleh Madain
Madain Saleh
Nama lainnya adalah al-Hijr, ada juga yang menyebutnya Hegra.

Adalah situs arkeologi di mana ada banyak peninggalan sisa peradaban Nabatean. Letaknya sendiri berada pada 22 km arah timur laut dari kotamadya Al Ula provinsi Madinah.

Madain Saleh menjadi kebanggaan tersendiri bagi kerajaan Arab Saudi, karena ia dinobatkan sebagai salah satu dari World Heritage Site atau situs warisan dunia,

Di Madain Saleh yang luasnya mencapai 4,010 hektar ini, pernah ditemukan batu-bata yang diperkirakan dari bangunan rumah warga, dan para arkeolog pun menganggapnya sebagai peninggalan dari umat Nabi Saleh.

Ada juga beberapa batu karang yang ditemukan oleh para arkeolog yang merupakan hasil budaya kaum Tsamud, 131 monumen pemakaman yang terbuat dari batu, dan juga tembikar dan lain sebagainya di Jabal Athlab.

Gunung Uhud
Mountain Uhud
Gunung Uhud
Gunung Uhud di Arab Saudi adalah situs Pertempuran Uhud terkenal yang berjuang pada tanggal 23 Maret, 625 CE. Wilayah eksotis ini merupakan bagian intrinsik dari Arab Saudi Panduan Wisata. Membentang dari Timur ke barat gunung memiliki kemiringan ke arah utara dan mencakup total tujuh kilometer panjangnya dan tiga kilometer napas.


Pasar Kurma Madinah
Kurma Madinah
Pasar Kurma Madinah
Tempat wisata di Arab Saudi yang berupa pasar adalah Pasar Kurma Madinah.
Di Pasar Kurma Madinah dijual berbagai jenis kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 Riyal sampai 90 Riyal. Selain kurma, Anda juga dapat menemukan biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma di pasar ini. Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 600 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar yang dibangun tahun 1982 ini dibuka sejak pukul 7 hingga 23 malam waktu setempat bila pada musim haji. Untuk itu, berkunjunglah ke pasar ini bila Anda termasuk pecinta kurma.

Air Mancur King Fadh
Water Fountain King Fadh
Water Fountain King Fadh

Ini adalah air mancur tertinggi di dunia. Nama lainnya adalah fountain Jeddah, dan nafura king fahd.

Dinamakan demikian karena air mancur ini dibuat atas perintah Raja Fahd dan disumbangkan ke kota Jeddah.

Terletak di pantai Jeddah, pantai barat Arab Saudi dengan ketinggian 312 meter sehingga air mancur ini dapat terlihat di seluruh kawasan sekitar Jeddah.

Air mancur ini menggunakan 3 pompa jet raksasa yang dapat menembakkan 625 liter air/detik dengan kecepatan 375 km/jam dan massa udara yang dapat melebihi 18 ton.

Dan adapun airnya adalah air asin yang langsung diambil dari laut merah dan bukan air tawar.

Pada malam hari pemandangannya akan jauh lebih indah karena air mancur ini menggunakan lebih dari 500 lampu sorot untuk meneranginya. 

Akan tetapi jangan terlalu berharap banyak akan melihat atraksi air di Nafura King Fahd ini.

Air mancur ini hanya air dari Laut Merah yang dipancurkan dengan ketinggian luar biasa yang dibantu dengan pencahayaan saja.

Meskipun begitu, air mancur yang pernah tercatat di guinness book of world records ini tetap ramai dikunjungi banyak wisatawan.

Air mancur ini dibangun antara tahun 1980 dan tahun 1983 dan mulai beroperasi pada tahun 1985.


Keberadaannya tidak jauh dengan resto-resto yang menyediakan makanan enak. Sehingga setelah selesai makan, jamaah atau wisatawan bisa berkeliling melihat pertunjukkan air mancur.

Jamarat Bridge
Bridge Jamarat
Jamarat Bridge
Jamarat Bridge di Arab Saudi adalah tempat yang harus dilihat tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga bagi mereka yang termasuk agama lain karena memiliki tempat yang sangat signifikan dalam di antara tempat-tempat wisata menarik di Arab Saudi. Panduan Wisata Anda di Arab Saudi tidak bisa tanpa nama Jamarat Bridge.

Jannat al-baqi
Jannat Al-Baqi

Wisata religi dan sejarah akan lebih luar biasa sensasinya apabila berkunjung juga ke Jannat al-Baqi atau yang dikenal juga dengan sebutan Tree Garden of Heaven ini. Di Arab Saudi, ini merupakan lokasi sakral bagi umat muslim sebab merupakan tanah pemakaman dengan sejarah besar.


Isi dari tempat ini adalah sisa-sisa peninggalan dari keluarga, kerabat serta sahabat Nabi Muhammad, bahkan juga termasuk kakek dan ibu mertuanya. Maka bagi yang berkesempatan berkunjung, boleh berziarah juga di tempat ini dan bisa mengetahui dimana letak berbagai sisa-sisa peninggalah dari keluarga, serta sahabat Nabi Muhammad.


Jabbal Magnet
Magnet Jabal
Jabal Magnet

Jabal Magnet atau yang juga dikenal sebagai Lembah Jin merupakan sebuah lembah yang menjadi lokasi “atraksi pariwisata”. Fenomena yang terkenal dari lokasi ini adalah adanya “pertentangan gravitasi”. Jabal Magnet berada di luar daerah haram sehingga bebas untuk dikunjungi warga non muslim. Kawasan perbukitan ini diyakini memiliki daya dorong. Apabila Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda membawa atau menyewa mobil. Kemudian Anda dapat membuat persneling mobil Anda dalam keadaan netral. Mobil Anda akan secara perlahan-lahan “tertarik” dan berjalan dengan sendirinya dan lama-kelamaan mobil Anda akan melaju semakin cepat, bahkan bisa melebihi 120 kilometer per jam.

Jabal al-Lawz 



al-Lawz Jabal
Jabal al-Lawz 

Wisata Jabal al-Lawz tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para pecinta alam dan gunung. Obyek wisata berupa sebuah gunung dengan tinggi 2.580 meter di atas permukaan laut ini bila ada di sebelah barat laut Arab Saudi. Gunung yang akan menyuguhkan beragam flora dan fauna cantik nan unik ini memiliki arti gunung almond.


Jika ingin hal yang lebih menantang dari sekadar menonton berbagai keindahan alamnya, trekking adalah aktivitas yang membuat pengalaman Anda bertambah di arena ini yang akan menambah adrenalin anda dalam perjalanan wisata anda.

Masjid Quba'
Quba Mosque

Paling suci-suci di antara masjid di Madinah, The suci-suci di antara masjid di Madinah, Masjid Quba di Arab Saudi merupakan masjid tertua di dunia. Didatangi para peziarah di seluruh dunia, masjid kuno adalah salah satu terkemuka Tempat Wisata Arab Saudi dan merupakan bagian dari setiap Arab Saudi Panduan Wisata. di Arab Saudi merupakan masjid tertua di dunia. Didatangi para peziarah di seluruh dunia, masjid kuno adalah salah satu terkemuka Tempat Wisata Arab Saudi dan merupakan bagian dari setiap Arab Saudi Panduan Wisata.

Tayma

Arabia saudi tayma
Tayma 

Tayma terletak di bagian timur laut dari Arab Saudi dan catatan sejarah menunjukkan bahwa tempat ini telah menjadi permukiman Yahudi makmur, terdiri dari bangunan-bangunan megah dan banyak sumur dan sumber air lainnya. Pada abad ke-7 SM, Tayma di Arab Saudi telah menjadi tempat yang sangat menonjol dan kami memiliki namanya disebutkan dalam Perjanjian Lama dalam kitab Yeremia.

“Sejarah manusia adalah sejarah sepatu. Sejarah tentang tempat dimana ia pernah berpijak dan menjejak.” 
Share: