Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

Perancis Mulai Dari Makanan, Pola Hidup, Menara Eiffel Sampai Escargot (Sebuah Negara Dengan Romansa Klasik)

Selain Eiffel, Sama Seperti Di Indonesia, Sepak Bola Menjadi Olah Raga Favorit Warganya.
Kontroversi Menara Eiffel

Perancis banyak memiliki arsitektur yang megah dan menarik. Pada tahun 1887-1889 seorang arsitek terkenal bernama Alexandre Gustave Eiffel merancang sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi sungai Seine di Paris. Menara ini memiliki tinggi 325 m atau 1.063 kaki (termasuk antena setinggi 24 m atau 79 kaki) yang berfungsi sebagai menara observasi dan penyiaran radio. Namun pada awalnya, Struktur bangunan ini merupakan pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis.

Angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sebanyak 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 18 cm dari matahari. Sesuai dengan nama perancangnya akhirnya bangunan ini dikenal dengan nama Menara Eiffel (dalam bahasa perancis: Tour Eiffel). Menara Eiffel diresmikan tanggal 31 Maret 1889 dan memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun.


View Menara Eiffel
Bagian Bawah Eiffel,
Keindahan Dari Sebuah Karya Akan Abadi Bahkan ketika pembuatnya telah tiada sekalipun.
Keindahan dan kemegahan Menara Eiffel memberikan daya tarik tersendiri kepada para wisatawan asing yang sedang berada disekitar Paris untuk mengunjunginya. Karena memang menara eiffel merupakan ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia, yakni menjadi salah satu bangunan yang termasuk kedalam tujuh keajaiban dunia. Hal ini terbukti, dengan jumlah lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889 (termasuk 6.719.200 orang tahun 2006).


Wallpaper Dengan Back Ground Kota Paris, Perancis.
Namun dibalik keindahan dan kemegahannya, Menara Eiffel sangat kontroversial dan mendapat banyak kritikan dari masyarakat sekitar yang menyebutkan bahwa arsitektur tersebut hanya mengganggu pandangan mata saja, sehingga pada saat itu banyak surat kabar harian yang dipenuhi dengan surat kritikan dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: salah satunya mengenai Arsitektur 1892. “Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.

Selain itu, seorang penulis novel (Guy de Maupassant) yang membenci menara tersebut memiliki cerita sendiri saat jam makan siangnya, karena ia selalu makan siang di restaurant Menara setiap hari, alasannya itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara Eiffel. Dia menganggap bahwa bangunan tersebut sebagai bagian seni yang sangat mencolok.

Sebelumnya Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Pemerintah Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
According to Eiffel (1887)
“Now to what phenomenon did I give primary concern in designing the Tower? It was wind resistance. Well then! I hold that the curvature of the monument’s four outer edges, which is as mathematical calculation dictated it should be will give a great impression of strength and beauty, for it will reveal to the eyes of the observer the boldness of the design as a whole”.
Selanjutnya, pada tanggal 10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan berikut:


“Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang pembangun berani penganut Arsitektur modern yang besar dan asli, dari seseorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison.”
Disamping kritikan-kritikan yang ada, Eiffel juga mendapat penghargaan dari seorang ternama seperti Thomas Edison. Beliau menghargai karya dari seorang Gustave Eiffel yang bekerjasama dengan kurang lebih tiga ratus pekerja lainnya dalam membangun sebuah arsitektur modern, Hunian-Hunian Unik Perancis

Dari beberapa penilaian yang ada mengenai Menara Eiffel, bisa disimpulkan bahwa tujuan dari pembangunannya tidak semata-mata hanya untuk dilihat dari keberadaan serta struktur dari bangunan itu sendiri (yang selama ini selalu di pertanyakan oleh beberapa pihak), melainkan perlu ditinjau pula dari segi estetika, sejarah dan fungsinya (sebagai transmisi radio dan observasi). Hal ini yang menjadikan Menara Eiffel sebagai simbol dari negara Perancis.


Metode Memasak dan Teknik Menghidangkan Masakan.


Chef Perancis
Seorang Chef Sedang Mendekor Masakannya.
“Bagaimana cara memasak di Perancis, metode memasak, dan peralatan memasak telah menjadi bagian penting dari memasak di Perancis.”
Menurut Varenne (1652:11)
Metode memasak di Perancis, gaya memasak, dan peralatan yang digunakan dalam memasak mempunyai peran penting dalam keberhasilan memasak di Perancis yang membuat masakan ini terkenal di seluruh dunia.

Jadi metode memasak dan peralatan yang digunakan dalam memasak ataupun dalam hidangan masakannya sangat diperhatikan oleh para koki di Perancis karena akan menentukan keberhasilan sebuah masakan.

Perancis memiliki budaya kuliner dengan etika di meja makan yang tetap dipegang hingga saat ini. Ada dua hal yang khas dalam kuliner Perancis yaitu bahan olahan dan penyajiannya. Sebagian besar masakan Perancis pasti melibatkan saus, anggur atau wine, daging ayam, butter atau krim. Dan semua itu adalah khas Perancis. Anggur atau wine digunakan digunakan sebagai penambah cita rasa. Pada saat proses memasak alkohol pada anggur akan menguap namun dengan aroma yang tetap. Inilah yang menjadi karakter masakan Perancis. Yang kedua adalah urutan penyajian hidangannya Perancis berbeda dengan negara lain. Yang pertama adalah makanan pembuka (appetizer/hors d’oeuvre) berupa sup, daging asap atau salad. Kedua makanan utama, makanan berbahan daging atau ikan, sayur dan nasi atau pasta. Ketiga yaitu penutup (dessert), biasanya selalu ada di rumah setiap hari seperti roti dan keju. Bisa juga ditambahkan cookis, buah-buahan dan es krim. 

Rasa saus Perancis pada umumnya lebih elegan dari pada saus yang ada di restauran-restauran di seluruh dunia. Biasanya orang Perancis memperlihatkan keeleganan dengan dua ramuan utama, yaitu cream dan anggur. Ramuan lainnya yang biasa digunakan adalah daging atau ikan, mentega, tepung, tomat, wortel, bawang, lemak babi, tumbuhan, dan saus salam. Saus perancis yang sederhana adalah saus ikan dan saus daging, saus mentega, saus putih, dan saus coklat. Saus mentega sebagai contoh adalah hollandaise dan Bernaise. Saus Hollandaise dibuat dari beberapa telur dan Bernaise memiliki rasa yang lebih nyata dengan tambahan tarrgon. Saus putih dasarnya dari bechamel termasuk susu dan sering juga menggunakan keju. Saus coklat dasarnya dari demi-glace. Masakan Perancis yang telah berkembang diantaranya resep ikan yang sangat terkenal didunia yaitu bouillabaisse. 

Sebenarnya resep untuk sup ikan Perancis ini sangat sederhana hanya  dengan ikan yang diawetkan diambil dari tulang ikan yang dididihkan, ikan tersebut dipotong menjadi berkeping-keping, dengan beberapa tomat dan bawang, dan beberapa rumput-rumputan. Ini menjadi ciri khas dalam mencerahkan warna merah dan kuning terutama untuk rasa. Resep seafood di Perancis yang sangat asli menggunakan udang a la Ther midore. Jika udang disajikan dengan cara ini maka daging dipisahkan terlebih dahulu dicampur dengan saus keju kemudian diletakan kembali kedalam udang. Di Perancis makan malam yang terkenal dibagi menjadi lima sampai sepuluh hidangan utama. Makan malam dimulai dengan hors d’oeuvre (hidangan pembagkit selera). Biasanya adalah charcuterie berupa sosis. Pembangkit selera makan ini diikuti dengan sup yang menggunakana kaldu daging sapi. Yang dimasak dengan beberapa ramuan dan sayur-sayuran sehingga disebut sup julienne. Kuah yang sangat khas di Perancis tentu saja adalah kuah Perancis yang disajikan dengan telur dan beraneka macam bumbu. Sedangkan kue-kue yang khas di Perancis yaitu mousse dan crepes. Mousse dibuat dari putih telur yg diberi warna menjadi coklat atau crème. Yang menarik adalah urutan dan teknik menghidangkan makanan tersebut. Dihidangkan satu persatu dan berurutan. Budaya kuliner ini menunjukan orang Perancis memiliki  kebiasaan makan slow food.

Masakan Khas Paris


Otriade
Escargot, Masakan Khas Perancis.
@ Escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot. Pengolahan bekicot ini begitu sederhana, hanya dengan bumbu jahe, cuka dan pemanis Creswell dan Kopiang. Daging bekicot kaya protein, dan cangkang bekicot kaya akan kalsium, dan dalam daging tersebut kaya akan asam amino.


Otiade, Makanan Olahan Barbahan dasar Ikan.
@ Otriade adalah rebusan ikan dari provinsi brittany di Perancis. Makanan ini terbuat dari berbagai jenis ikan, dan juga kentang. Dalam masakan ini terdapat kerang. Secara tradisional, makanan ini disediakan dengan menuangkannya ke roti Perancis.


Makanan Berbahan dasar Ayam yang dimsak dengan capuran wine, jamur.

@ Coq au vin adalah ayam jantan yang dimasak dengan wine, lardon, jamur, dan terkadang garlic.



Khas Perancis
Sayur-Sayuran Rotatoulille, Sejenis Sop Mungkin jika di Indonesia.
@ Ratatouille adalah makanan semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti.


Soupe à l’oignon gratinée

@ Soupe à l’oignon gratinée adalah sejenis sup bawang merah dan kuah daging sapi yang dihidangkan dengan crouton dan keju. Sup seperti ini telah dihidangkan sejak zaman romawi kuno, di Peancis pada abad ke 17 sup ini dibuat dari roti kering atau crouton, kuah daging sapi, dan bawang merah. Keju yang digunakan biasanya jenis gruyére. Salah satu hal yang membuat sup ini istimewa adalah karamelisasi bawang merah yang digoreng secara perlahan hingga berwarna coklat. Setelah itu ditambahkan cognac atau cherry.



masakan khusus perancis
Tarte flambêe
@ Tarte flambêe merupakan makanan yang berasal dari Alsace, region bagian timur Perancis. Kulitya dibuat dari tepung terigu yang telah diberikan isian, lalu dipanggang sampai mengembang dan matang.

Kota Paris sangat terkenal dengan masakannya yang khas dan unik selain itu orang-orang di Paris mempunyai cara dan metode sendiri dalam menghidangkan masakannya sehingga memasak menjadi nilai seni yang tinggi di kota ini. Orang Perancis mempunyai batas waktu makan malam yaitu dua jam dan mereka selalu mempunyai makanan pembuka seperti shampagne dan makanan penutup (dessert) seperti es krim dan crepes. Masakan Perancis yang paling terkenal yaitu escargot dan ada masakan-masakan lezat lainnya seperti otriade, tarte flambêe dll. Jadi banyaknya masakan khas Paris yang unik ini menjadikan kota ini mempunyai  seni kuliner yang tinggi.

Hidup Sehat ala Prancis

1. Kebiasaan Minum Anggur


Wine.
Kebiasaan minum anggur orang Eropa, seperti pada masyarakat Perancis dapat meningkatkan kesehatan dan kerampingan tubuh mereka. Dalam kenyataannya memang masyarakat Perancis tidak banyak memiliki masalah penyakit jantung dan obesitas ketimbang masyarakat Amerika misalnya. Hal ini menimbulkan kebingungan karena anggur adalah minuman beralkohol, dan secara umum minuman beralkohol berdampak buruk bagi kesehatan bila diminum berlebihan. Memang bangsa Eropa mengembangkan toleransi terhadap alkohol ketimbang bangsa lainnya di dunia, karena dahulu alkohol adalah sumber minuman yang aman bagi mereka ketimbang air tawar mentah dari sungai (karena adanya wabah kolera). Namun bangsa-bangsa lain seperti Amerika (yang juga menjadikan konsumsi alkohol sebagai budaya mereka) tidak sesehat dan seramping masyarakat Perancis.
Sekarang ini banyak orang yang percaya bahwa minum sedikit alkohol baik bagi kesehatan, terutama anggur merah. Para dokter dan media banyak mempromosikan khasiat anggur merah ini oleh karena ada satu penelitian di perancis yang kemudian dikenal sebagai ”Paradox Perancis”.
Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa orang Perancis memiliki tingkat penyakit jantung koroner yang rendah, walaupun makanan mereka relatif kaya dengan minyak jenuh. Mengapa demikian, peneliti ini menduga bahwa karena orang Perancis rajin mengkonsumsi anggur merah, dan ini dipercaya sebagai faktor utama rendahnya tingkat penyakit jantung koroner disana.
Fakta yang didapat dari penelitian Breslow dan Belloc menunjukkan bahwa orang yang tidak minum alkohol atau minum secara moderat memiliki umur lebih panjang. Ada dua alasan mengapa sebaiknya menghindari alkohol atau wine.

@ Alkohol lebih banyak efek yang negatif dibanding manfaat yang didapat.
@ Ada banyak cara untuk melindungi jantung maupun untuk menjaga kesehatan yang baik.

Penelitian Breslow dan Belloc mengenai menghindari alkohol atau wine untuk menjaga kesehatan sangat saya setujui. Saya sebagai orang timur berpendapat sama bahwa untuk dapat menjaga kesehatan tubuh tidaklah harus dengan mengkonsumsi minuman beralkohol/anggur/wine. Di Islam minum anggur adalah haram. Daripada minum minuman yang haram hukumnya lebaih baik kita mengkonsumsi jamu tradisonal yang halal hukumnya dan aman untuk kesehatan. Beberapa alasan kita mengkonsumsi jamu adalah untuk mengobati sakit, mencegah penyakit, untuk masa penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa konsumen mengaku memilih jamu karena terbuat dari bahan-bahan alami. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk tetap sehat walapun tanpa mengkonsumsi minuman anggur.

Ada beberapa cara untuk menjelaskan kesehatan dan kerampingan masyarakat Perancis ini. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang Perancis selalu makan dalam jumlah yang sedikit dalam interval yang teratur, mengkombinasikan makanan berlemak dengan sejumlah makanan segar serta rajin berolah raga. Selain itu mereka juga selalu sarapan pagi dan tertib dalam pola makannnya.

2. Pola Makan


France desert
Selain Sayur mayur, Cake Juga Menjadi makanan favorit di Sana.
“Pendekatan orang Perancis adalah kualitas, bukan kuantitas”, jelas ahli nutrisi Lyndel Constain pada Daily Mail. “Mereka memakan makanan berlemak tinggi, tapi dalam porsi yang kecil, jarang memakan cemilan serta mengkonsumsi kombinasi lemak yang sehat dan aman untuk jantung dalam bentuk minyak tak jenuh dan kacang-kacangan. Pola makan orang Perancis sangat kaya dengan buah segar dan sayur-mayur, makanan berserat dan nutrisi yang beraneka ragam”, tambahnya. Rahasia lainnya adalah pada ketatnya mereka mengatur porsi makanan.

Menurut saya mengenai pendekatan pola makan orang perancis hampir mirip dengan pola makan yang teratur yaitu “ 4 sehat + 5 sempurna” artinya dalam suatu pola makan terdapat karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan ditambah segelas susu. Disamping itu, orang Perancis mengkonsumsi makanan organik. Perancis memakan makanan segar yang ditanam secara lokal, bukan makanan kemasan yang sudah dilabel, diberi zat pengawet dan dan banyak diolah. Mungkin mirip dengan di Indonesia, mengingat ibu-ibu juga sering belanja ke pasar tradisional. Namun di Indonesia kebanyakan pertaniannya tidak organik, melainkan banyak menggunakan pupuk dan pestisida kimia, sehingga tetap kurang sehat.

- Mereka mengkonsumsi makanan relatif sedikit.
Tidak seperti masyarakat Indonesia yang gemar makan, masyarakat Perancis makannya relatif lebih sedikit. Mereka kurang suka dengan restoran fast food gaya Amerika yang penuh kalori. Sedangkan di Indonesia makanan fast food ini justru disukai terutama anak-anak muda.
- Mereka mengunyah makanan lebih lambat dan menikmati.
“Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan rata-rata porsi makan orang Perancis 25 persen lebih sedikit dibanding porsi orang Amerika, serta mereka menghabiskan makanannya perlahan-lahan dan menikmatinya. Orang Perancis juga jauh lebih aktif dalam kesehariannya, sehingga menjaga keseimbangan kalori mereka dengan baik”, lanjut Lyndel.

Dari studi yang telah di ungkapkan Lyndel jelas terungkap bahwa apabila kita mengkonsumsi suatu makanan secukupnya dan menikmatinya justru akan membantu menjaga kesehatan tubuh yang dilakukan orang-orang Perancis. Studi mendapati bahwa dengan makan secara perlahan akan membuat tubuh mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Faktanya, lebih dari 10 kg berat badan bisa hilang dalam kurun waktu setahun jika memperlambat kecepatan makan. Sebab diperlukan sekitar 20 menit bagi otak untuk mendeteksi bahwa anda sudah kenyang. Jadi, jika anda makan terlalu cepat, maka anda akan tetap makan walau sebenarnya tubuh sudah melewati titik kenyangnya. Pernyataan ini berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan.

Ana M. Andrade dari University of Rhode Island, Kingston, Amerika Serikat menyatakan bahwa kecepatan kita mengonsumsi minuman dan makanan mempengaruhi tubuh untuk memberi tanda bahwa makanan yang masuk sudah cukup atau belum. Proses ini juga memberitahu kapan saatnya untuk berhenti makan.
Andrade menguji kebenaran teori tersebut terhadap 30 wanita yang diminta untuk makan pasta dalam waktu yang berbeda. Hari pertama, ke-30 wanita ini diminta untuk makan secepat mungkin tanpa ada jeda di antara suapan. Lalu pada hari kedua mereka diminta untuk makan dengan sepelan mungkin, dengan jeda di antara suapan. Mereka juga harus mengunyah makanannya 20 sampai 30 kali.
Hasilnya, mereka dapat mengurangi asupan kalori bila makan perlahan. Mereka juga merasa lebih puas dan kenyang setelah makan.

3. Mereka sering berjalan kaki.


Jogging Masih Menjadi Primadona Bangsa Eropa.
Kota di perancis didesain sehingga penduduknya bisa memenuhi keperluannya (seperti berbelanja) hanya dengan berjalan kaki. Ini baik untuk membakar kalori dan sebagai sarana refreshing. Sedangkan di Indonesia, orang seringkali naik angkot hanya untuk pergi ke toko yang jaraknya puluhan meter saja. Padahal apabila kita sering berjalan kaki untuk jarak dekat sebenarnya kita melakukan olahraga kecil yang menyehatkan dan aksi mengurangan Global Warming.
Hidup sehat cara Perancis pada dasarnya sama dengan pola hidup teratur yang sering kita bicarakan. Seseorang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan orang-orang Perancis. Dimulai dengan membuat pola makan yang teratur, merubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak, merubah kebiasaan terburu-buru saat makan, dan menggalakkan aksi berjalan kaki.


Akhir Kata,

Semoga Bermanfaat,

Salam.

Referensi,

Watson,W.1892.”Civil Engineering, Public Works, and Architecture”.(online).      Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Menara_Eiffel (28 Oktober 2009).
Walter Mostyn (transliterator) 1906.
Dame,G.2007.”The Eiffel Tower: Paris”. Tersedia: france.com. (28 oktober 2009).
Oscar, Amelia. 2009. “ Mengenal Perancis lebih jauh lewat seni kulinernya”. (online). tersedia : http: //www.epochtimes.co.id (26 juni 2009)
Ref https://perancis09upi..wordpress.com/2010/01/02/hello-world/
Simatupang, Lely. “Surabaya food informasi tempat makan dan komunitas kuliner di Surabaya”. (online). tersedia : //http:www.jerseyboy.com (6 juni 2009)
Bruce G. Simon, 1995, Introduction to Health Educationand Health Promotion; second edition, Illinois, Waveland Press Inc
Constain Lyndel. Daily Mail.
http://www.preventionindonesia.com/article.php?name=/semakin-perlahan-semakin-baik&channel=
http://www.scribd.com/doc/16178551/14-Ilmu-Kesehatan-Jilid-1
http://www.halalsehat.com





Share: