Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

7 Arsitek Muda Indonesia Yang Menggetarkan

Arsitek merupakan sebuah profesi di sektor kreatif yang selalu berperan penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Arsitek biasanya akan merancang sebuah bangunan berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang di milikinya dengan desain menarik agar enak dilihat dan nyaman digunakan. Saat ini di Indonesia mulai bermunculan arsitek-arsitek yang dapat dikatakan muda dan berbakat. Bahkan beberapa arsitek muda Indonesia telah berhasil mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

Waktu adalah pengalaman Terbaik

Berikut adalah beberapa Tokoh arsitek Indonesia yang namanya selalu menjadi acuan arsitek dan calon arsitek(Mahasiswa Arsitektur) untuk mengupgrade kemampuan berfikir dan menganalisa berdasarkan arsitek idolanya.

7. Baskoro Tedjo
Tedjo Baskoro
Baskoro Tedjo
Baskoro Tedjo selalu mendesain sebuah bangunan berdasarkan karakter dari para pemakainya(client) untuk kemudian di sinergikan kedalam sebuah rekayasa konstruksi yang ideal. Menurutnya, karakter pemiliknya merupakan sebuah landasan yang tercermin didalam suatu desain dari awal perancangan. Pendekatan budaya-budaya dan kekuatan site project digabungkan hingga memperoleh desain yang dapat dikatakan ideal. Sebagai contoh salah satu karya desainnya yakni Selasar Sunaryo Art Space di Bandung, jawa barat, yang saat ini dibuka sebagai obyek wisata.

selasar sunaryo
Selasar Sunaryo, selain sebagai tempat dialog, tempat ini juga digunakan untuk wisata.
sunaryo selasar
Model cafe-cafe dengan konsep terbuka dan Rustic.

6. Yu Sing
Yu sing
Yu Sing salah satu arsitek favorit penulis,
  gaya arsitekturnya yang bisa dikatakan sangat identik dan berkarakter.

Yu Sing merupakan seorang arsitek muda yang lahir di Bandung, jawa barat,  pada tanggal 5 Juli 1976 dan dikenal dengan karya arsitekya unik. Yu Sing merupakan lulusan dari pendidikan aritektur di Institut Teknologi Bandung tahun 1999. kemudian Setelah lulus ia mendirikan studio arsitek baru yang dinamakan Genesis dan setelah berkembang, di tahun 2011 diubah menjadi Akanoma. Studio arsiteknya ini berkiprah dalam biro konsultasi/ konsultan aritektur dalam desain kontemporer yang ramah lingkungan. Keramahan terhadap lingkungan selalu menjadi landasan dalam merekayasa desain bangunanya. salah satu contoh karya arsitekturnya adalah Menara Phinisi UNM


UNM menara phinisi
Menara Phinisi UNM
mengadopsi falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan (Sulapa Eppa / empat persegi)

5. Ahmad Djuara
arsitek ahmad djuara
Ahmad Djuara
Sang Arsitek ini telah banyak memenangkan penghargaan, antara lain IAI Award untuk Sugiharto Steel House yang didapatnya pada tahun 2002 dan Rumah Wisnu di 2008, yang keduanya dibangun di Jakarta. Sebelum mendirikan perusahaanya sendiri Ahmad Djuhara pernah bekerja menjadi salah satu Arsitek di PAI ( Pacific Adhika Internusa) pada tahun 1992 sampai 1998. Kemudian membuat perusahaan konsultan arsitektur di Djuhara + Djuhara bersama Bersama sang istri, yaitu arsitek Wendy Djuhara, yang juga menerima beberapa penghargaan dari IAI untuk karyanya Shining Stars TK dan Tanah Teduh House, yang keduanya berada di Provinsi Jakarta.

Steel House sugiharto
Sugiharto steel House,
salah satu karya dari ahmad djuara yang jika dilihat sepintas mirip karya arsitek Kengo Kuma dari jepang yang juga memanfaatkan lempeng stainless steel dan rangka baja untuk membuat rumahnya.

Karya Kengo Kuma arsitek jepang, yang juga memanfaatkan lempengan Stainless steel dan Rangka Baja.



4. Budi Pradono

Arsitek Budi Pradono
Budi Pradono Arsitek
Pria yang lahir pada tahun 1970 dan merupakan lulusan jurusan arsitektur Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta ini, telah memenangkan banyak sekali penghargaan berkat konsep rancangannya yang selalu bertema kontemporer arsitektur hijau ramah lingkungan mirip-mirip konsep yang dimiliki yusing. salah satu contoh karya Budi pradono adalah Rumah Miring yang terletak di pondok Indah.

Budi Pradono rumah miring
Rumah Miring Budi pradono.



Budi Pradono Rumah Miring
Rumah Miring ini digunakan untuk menyentil para pesohor yang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya.

3. Imelda Akmal

Imelda akmal
Salah satu Srikandi arsitektur Indonesia yang paling berkiprah.



Arsitek selanjutnya adalah Imelda Akmal, satu wanita dari dominasi jajaran arsitek top yang ada di indonesia, namun kiprah terbesar Imelda Akmal adalah dalam bidang edukasi penulisan dan peliputan desain-desain arsitektural yang di masukan kedalam buku IAAW (Imelda akmal Writel). dalam tulisan-tulisanya Imelda Meliput banyak sekali Bangunan bangunan yang ada di indonesia baik dari Desain Hotel hingga Rumah, mulai dari dapur hingga ke garasi, semuanya di liput dengan gaya yang khas. tulisan Imelda akmal banyak terinspirasi dari Prof. Josef Prijotomo.


Imelda akmal writer
Cetakan - Cetakan Imelda akmal writer studio

2. Ridwan Kamil
Foto Ridwan Kamil
Ridwan Kamil
kang emil (Sapaan akrabnya)
Arsitek yang memiliki perusahaan sendiri yang dinamakan URBANE ini memiliki banyak sekali prestasi baik dalam bidang edukasi pendidikan arsitektur di indonesia maupun dalam kiprahnya dalam profesi arsitek. arsitek lulusan bandung ini memiliki jam terbang tinggi di bidang arsitektur, sebelum menekuni bidang arsitek Ridwan kamil meluluskan diri dalam jurusan arsitektur ITB bandung, kemudian melanjutkan pendidikan ke university California Berkeley, Amerika. setelah sukses di bidang arsitektur, Ridwan kamil mencoba di bidang politik dan berhasil menjadi walikota bandung pada tahun (2013-2018). 

Berkat kemampuanya Urbane banyak dianugerahi penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Awards tiga tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010, Kemudian BCI Green Award untuk karya fenomenalnya Rumah Botol Bekas.

Ridwan Kamil Rumah Botol
Rumah Botol merupakan kediaman Pribadinya yang idenya diambil ketika banyak botol minuman energi yang berceceran  bekas di gunakan para pekerja, kemudian munculah ide untuk memanfaatkanya.



1. Andra Matin

Arsitek andra Matin
Arsitek indonesia yang menggetarkan

kurang lengkap rasanya jika tidak memasukan Andra matin kedalam daftar Arsitek muda Indonesia yang menggetarkan. Laki-laki Berkacamata yang memiliki hobby traveling ini mendirikan Andra Matin Architects pada tahun 1988 dan banyak mengerjakan proyek-proyek yang beragam. karyanya yang diterima baik dan cukup menjadi perhatian adalah Galeri Dia.Lo.Gue di kawasan kemang, Kemudian Potato Head di jakarta dan bali. Sebelum mendirikian Perusahaanya sendiri andra Matin pernah bekerja di Graha Cipta Hadiprana Consultan.

Penghargaan IAI yang pernah di dapatnya

- IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award untuk Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design, 1999
- IAI Award untuk Gedung Dua8 di Kemang, Jakarta Selatan, 2002
- IAI Award, Conrad Chapel di Bali (bersama Antony Liu dan Ferry Ridwan), 2006
- IAI Award, Javaplant Tawangmangu, Jawa Tengah, 2006
- Wallpaper Architecture Directory juga menobatkan Andra Matin sebagai salah satu arsitek dari 101 arsitek paling berkiprah di tahun 2007

Galeri Dia Lo Gue
Galeri Dia.Lo.Gue.
Simpel, Catchy, "Bersih"
Galeri Dia Lo Gue
Interior Dia.Lo.Gue
Minimalis, Eksentrik, "Bersih"

“arsitektur tidak mempunyai tujuan pribadi, tetapi bertujuan mengabdi pada manusia, kemanusiaan, masyarakat Raya dan jika ada kepercayaan, mengabdi kepada tuhan“
Prof. Dr. Ir. Parmono Atmadi


Akhir Kata,

Semoga Bermanfaat.

Salam Hangat.
Share: