Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

5 Tips Membeli Rumah Tinggal

Rumah tinggal merupakan sebuah kebutuhan pokok yang harus menjadi prioritas, karena dengan memiliki rumah pribadi tentu kita menjadi lebih tenang, apalagi jika kita membeli rumah perdana.
ada beberapa pertimbangan apabila kita ingin membeli rumah, mulai dari budget, ukuran, lokasi dsb.
karena rumah sifatnya kebutuhan pokok, dan kita bisa saja membelinya untuk sekali seumur hidup, pertimbangkanlah dengan matang segala aspek yang ada. jangan sampai kita menyesal di kemudian hari, karena makin ke sini biaya hidup makin mahal, kita harus pandai mengelola prioritas. dari banyak pertimbangan yang ada berikut beberapa pertimbangan pokok yang harus di pikirkan sebelum membeli rumah.
a. Budget
Budgeting.
Tentukan budget, Budget disini tidak hanya mengenai harga rumah, tetapi, biaya perawatanya juga, biaya utilitas, atau bahkan hingga asuransinya. hitung pula jarak rumah dengan lokasi bekerja, karena hal tersebut saling berkait satu dengan yang lainya, jangan sampai membeli rumah yang jauh dari mana-mana, yang akhirnya akan menjadikan ongkos transport menjadi mahal, dan apabila kita membeli rumah dengan hutang, atau sitem kpr hitung juga biaya administrasi, biaya bunga, down payment, biaya keterlambatan. dan segala aspek yang nantinya akan berpengaruh terhadap pengeluaran operasional. lebih baik terliti di awal dan merencanakan semuanya dengan detail.

b. Lokasi
Lokasi
Lokasi merupakan pertimbangan kedua jika ingin membeli rumah tinggal, pastikan dekat dengan fasilitas umum, terjaga keamananya, lingkunganya nyaman, aman, tentram dan kondusif, survei lingkunganya dengan bertanya-tanya kepada lingkungan sekitar, perhatikan tetangga-tetangga sebah kanan dan kiri, bisa juga melakukan riset kecil-kecilan melalui internet bagaimana kondisi disana. karena tentu kita tidak mau jika memilih rumah yang lingkunganya kurang aman. dasar lokasi juga biasanya menentukan harga. maka dari itu survei dan bikinlah opsi-opsi, misalnya a dengan harga tertentu mendapatkan fasilitas apa, bandingkan dengan lokasi lain, buatlah perbandingan komparatif antar satu opsi dengan yang lainya.

c. Desain dan Bentuk Rumah

Desain dan Bentuk Rumah
Desain dan bentuk rumah menjadi penting, anggaplah kita akan menempati rumah tersebut puluhan tahun, karena kita akan menempati rumah tersebut dalam waktu yang cukup lama, maka desain dan bentuk rumah harus baik, memiliki pencahayaan yang cukup, tersedianya ruang-ruang yang ideal sesuai dengan ukuran dan kebutuhan, serta memiliki interior yang baik agar, tetap betah berlama-lama dan tidak memerlukan maintenance yang banyak. Pertimbangkanlah menyewa jasa arsitek apabila memang memiliki budget cukup, denganya bisa berkonsultasi pula dan mengkomunikasikan segala pertimbanganya mulai dari A-Z.

Baca Denah Rumah Mungil

d. Legalitas
Legalitas
Sertifikat merupakan bukti kepemilikan seorang atas sebuah objek. maka dari itu kita wajib mengetahui keaslianya, pastikan objek yang kita akan beli baik itu tanah ataupun rumah, dalam status clean and clear, jangan sampai di kemudian hari terdapat silang sengketa kepemiliki, cek juga ukuranya secara terperinci, apabila statusnya tangan kedua, cek bukti pembelianya, apabila tanah warisan, cek statusnya. kita wajib lebih detail mengenai hal tersebut, apabila memang perlu cek ke BPN bahkan notaris untuk mengecek keaslianya. mencegah lebih baik dari pada mengobati.

e. Kendalikan Emosi
Kendalikan Emosi

Apa maksud dari kendalikan emosi? kendalikan emosi maksudnya berfikirlah logis, jangan terburu-buru, pertimbangkan segala aspek dengan matang, dan apabila sudah yakin benar, segeralah ambil keputusan. keputusan yang diambil harus berdasar logika dan kesadaran penuh. jangan sampai kesan awal langsung menentukan keputusan, misalnya kita memiliki cash cukup bayarlah dengan cash, jangan kredit, dan bila kredit, tentukan besaran angsuran dan bunganya, lihatlah rumah sebagai aset yang hendak di miliki seumur hidup, sehingga kita tidak asal-asalan. desain atau pilihlah rumah yang terbaik dari yang terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan, hindarilah gengsi kalau memang belum mampu membeli yang sesuai keinginan, jangan menunda-nunda apabila sudah cukup modal. Rumah adalah kebutuhan primer, jernihlah dalam membelinya.

Share:

Pageviews