Mengubah Spasi Menjadi Ruang Rasa.

Coworking space, Trend Baru Ruang Kerja Bersama

Ruang Meeting Pada Coworking Space
Sumber
Coworking Space yang mengusung konsep transparancy atau open space, menjadikan setiap individu di dalam coworking space dapat menjadi lebih aktif dalam berinteraksi. Sebuah co working space biasanya memiliki suasana fresh yang mendukung produktifitas & semangat kerja. Coworking Space sangat tepat bagi para Founder start up yang belum lama membuat start up dan membutuhkan tempat yang pas untuk berkordinasi dan melakukan brainstorming bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit.

Coworking Space
Coworking Space Jakarta
Sumber
Pengertian Coworking Space (ruang bersama) adalah tempat bekerja bersama dimana para individu - individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja di dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata 'Coworking' yang bisa diartikan berkolaborasi atau kerja sama.

Dengan semakin berkembanganya budaya enterpreneur di Indonesia khususnya kota-kota besar menjadikan Coworking Space tidak hanya untuk para startup founder saja, Tetapi coworking space bisa juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga sampai para freelancer profesional yang tentunya membutuhkan tempat untuk bekerja tidak biasa diluar rumah namun tidak 'serasa' kantor.

Menilik sejarah dari Coworking Space sendiri bermula pada tahun 2002 di Austria bernama Schraubenfabrik, dan masuk di Indonesia awal 2010 di kota kreatif Bandung, seiring berjalan waktu semakin menjamur Coworking Space yang ada di jakarta saja hampir ratusan Coworking space, mulai dari Privat sampai open Space, dengan anggaran 50.000/ hari sampai jutaan semua tersedia, fasilitas Dari Coworking Space biasanya, adalah Wifi, Coffe Morning, Metting Room Credit, Printing Credit, Monthly even Space Credit, Dsb. Tergantung di mana kita berlangganan dan biaya yang kita keluarkan.

Sebenernya apa saja keuntungan dari Coworking Space, Ketimbang Konvensional Office ? Berikut beberapa kelebihannya :

a. Biaya Operasional Lebih Ekonomis
mempunyai Coworking sendiri tentu lebih murah ketimbang harus menyewa kantor konvensional sendiri, karena bersifat Open Space maka Untuk biaya operasional bisa di tanggung bersama dan kalaupun kita Individu Freelancer Profesional Akan sangat terbantu dengan skema seperti ini, walaupun Operasional murah, fasilitasnya tidak kalah dengan kantor Konvensional.

b. Mengembangkan Jaringan dengan Cepat
dalam budaya Coworking space, tentu orang-orang berlatar belakang berbeda namun memiliki banyak kesamaan akan berada dalam satu atap, karena sistem yang terbuka akan dengan mudah terjalin komunikasi antar sesama Profesional sehingga Jaringan akan terbuka dengan sendirinya.

c. Lingkungan yang Dinamis dan kreatif
tentu saja dengan adanya Coworking space kita tidak melulu harus masuk dan pulang dengan sistem 9-5. semua tergantung kebutuhan dan pekerjaan yang ada, sehingga menjadikan Pengembangan diri menjadi lebih cepat, karena kita berada dalam lingkungan yang lebih dinamis dan kreatif.

d. Fasilitas Kerja yang lengkap
seiring minat yang besar terhadap Coworking Space, para bussines owner terus mengembangkan Coworking space yang mereka miliki, seperti kecepatan internet, ruang metting, coffe shop, ruang meeting, bahkan sampai ruang Gym Tersedia di beberapa Coworking space yang ada.

e. Selalu Berkembang
dalam Coworking space kini terdapat inkubator-inkubator startup yang lahir, Baik dari segi kualitas maupun fasilitas terus menerus mengalami perbaikan, bahkan kini tidak sedikit komunitas-komunitas yang juga lahir karena adanya Coworking Space ini.

Coworking Space Jakarta
Sumber
Coworking Space
Sumber

Share:

Pageviews